Page 185 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 185
PJJ seperti perpustakaan. Dengan kata lain, mahasiswa PJJ harus
dapat belajar dimana saja dan kapan saja dengan memanfaatkan
sumber belajar yang terscdia. Untuk dapat berhasil, mahasiswa
memerlukan strategi belajar. Stratcgi bclajar juga mcngacu pada
kebiasaan belajar, waktu belajar, serta bantuan belajar (kelompok
belajar, tutorial, media). Kcgiatan belajar yang dilakukan dalam
lembaga pendidikan yang mencrapkan sistem PJJ pada dasarnya
adalah belajar mandiri. Proses bclajar mandiri dapat berlangsung
secara berkelanjutan (lihat Gambar 1 ). Walaupun demikian proses
belajar mandiri tidak selalu berlangsung scperti urutan yang ada
pada Gambar 1. Dalam setiap kegiatan belajar mandiri dapat
ditemukan kendala belajar, sepcrti kurangnya sumber daya atau
kurangnya waktu untuk bclajar yang dapat menycbabkan
terganggunya proses bclajar mandiri (Guglielmino & Guglielmino,
1991 ).
Strategi bclajar yang tcpat dapat mendorong kcbcrhasilan
belajar mahasiswa. Mcskipun demikian, kebcrhasilan mahasiswa
juga ditentukan oleh berbagai faktor scperti kcturunan, keluarga,
lingkungan, status sosial, ckonomi, dan pcngalaman di samping
motivasi pcmbclajar dan pcmahaman tcrhadap materi belajar itu
scndiri.
Untuk layanan akademik dipcrlukan untuk mcngoptimalkan
komunikasi yang diperlukan dalam sistem PJJ karcna adanya
keterbatasan interaksi langsung antar dosen sebagai sumber bclajar
dengan mahasiswa. Meskipun demikian, kemajuan teknologi
informasi dan komunikasi memungkinkan peningkatan intcnsitas
komunikasi antara sumber belajar dengan mahasiswa. Internet,
misalnya, dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi langsung
(sinkronus) maupun tidak langsung (a-sinkronus). Melalui Internet
dapat dimanfaatkan fasilitas mailing list. discussion group,
newsgroup, dan bulletin board. Disamping itu, Internet dan media
komputer lainnya dapat dimanfaatkan untuk pembclajaran yang
interaktif. Dengan dcmikian, interaksi sumber bclajar dcngan
mahasiswa dapat dilakukan meskipun tidak 100% seperti yang
diterapkan pada kelas tatap muka.
171