Page 341 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 341
pengajar terkemuka perguruan tinggi lain, di sarnping pakar dan praktisi.
Manuskrip yang telah ditulis ini kemudian ditelaah oleh ahli materi hi-
dang ilmu yang sarna, dan kemudian disunting serta diformat oleh pe-
rancang instruksional UT menjadi naskah siap cetak. Mengingat bahwa
bahan ajar UT ditulis oleh tenaga pengajar yang memiliki kualitas tinggi,
maka bahan ajar UT juga memiliki kualitas tinggi. Dan karena bahan ajar
UT juga digunakan oleh perguruan tinggi lain di seluruh Indonesia, seca-
ra tidak langsung UT telah membantu upaya pemerataan kualitas pen-
didikan nasional.
Selama 15 tahun, UT telah menerbitkan 772 bahan ajar. Jumlah ter-
sebut menjadikan UT sebagai penerbit buku teks terbesar saat ini. Se-
bagai penerbit, UT merupakan anggota IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia),
dan buku yang diterbitkan UT mencantumkan ISBN (International Stan-
dard Book Number) yang diperoleh dari Perpustakaan Nasional RI. Se-
mua bahan ajar terbitan UT dapat pula dimanfaatkan oleh masyarakat
umum di Perpustakaan Nasional.
Seiring dengan perkembangan, bahan ajar UT kemudian dilengkapi
dengan berbagai bahan ajar noncetak, antara lain dalam bentuk audio ka-
set, siaran radio dan televisi, bahan ajar berbantuan komputer (Computer
Assisted Instruction), dan bahan ajar berbasiskan Internet (web-based
courses). Pada tahap awal pengembangan bahan ajar noncetak ini, UT
menjalin kerja sarna dengan Pusat Teknologi Komunikasi (Pustekkom)
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud). Namun, sejak ta-
hun ketiga, UT telah mampu mengembangkan dan memproduksi sendiri.
Dengan semakin berkembangnya jenis dan format bahan ajar dari ha-
nya cetak menjadi multi media, pola pengembangan bahan ajar juga
mengalami perkembangan. Bahan ajar yang semula dikembangkan ha-
nya dengan pola 'penulis-perancang instruksional' kemudian berkembang
ke arah pola pengembangan kelompok atau yang biasa disebut pendekat-
352