Page 341 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 341

pengajar terkemuka perguruan tinggi lain, di sarnping pakar dan praktisi.
            Manuskrip yang  telah  ditulis  ini kemudian ditelaah oleh ahli  materi hi-
            dang  ilmu  yang  sarna,  dan  kemudian disunting  serta diformat  oleh  pe-
            rancang  instruksional  UT menjadi  naskah siap  cetak. Mengingat  bahwa
            bahan ajar UT ditulis oleh tenaga pengajar yang memiliki kualitas tinggi,
            maka bahan ajar UT juga memiliki kualitas tinggi. Dan karena bahan ajar
            UT juga digunakan oleh perguruan tinggi lain di seluruh Indonesia, seca-
            ra  tidak  langsung  UT  telah  membantu  upaya  pemerataan  kualitas  pen-
            didikan nasional.
               Selama  15  tahun,  UT telah menerbitkan 772 bahan ajar.  Jumlah ter-
            sebut menjadikan  UT sebagai penerbit buku teks terbesar saat  ini.  Se-
            bagai penerbit, UT merupakan anggota IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia),
            dan buku yang diterbitkan UT mencantumkan ISBN (International Stan-
            dard Book Number)  yang diperoleh dari  Perpustakaan Nasional  RI.  Se-
            mua  bahan  ajar  terbitan  UT dapat  pula  dimanfaatkan  oleh  masyarakat
            umum di Perpustakaan Nasional.
               Seiring  dengan perkembangan,  bahan  ajar  UT  kemudian dilengkapi
            dengan berbagai bahan ajar noncetak, antara lain dalam bentuk audio ka-
            set, siaran radio dan televisi, bahan ajar berbantuan komputer (Computer
            Assisted Instruction),  dan bahan  ajar  berbasiskan  Internet  (web-based
            courses).  Pada  tahap  awal  pengembangan bahan  ajar  noncetak  ini,  UT
            menjalin  kerja  sarna  dengan  Pusat  Teknologi  Komunikasi  (Pustekkom)
            Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud).  Namun, sejak ta-
            hun ketiga, UT telah mampu mengembangkan dan memproduksi sendiri.
               Dengan semakin berkembangnya jenis dan format bahan ajar dari ha-
            nya  cetak  menjadi  multi  media,  pola  pengembangan  bahan  ajar juga
            mengalami  perkembangan.  Bahan  ajar  yang  semula  dikembangkan  ha-
            nya dengan pola 'penulis-perancang instruksional' kemudian berkembang
            ke arah pola pengembangan kelompok atau yang biasa disebut pendekat-

                                           352
   336   337   338   339   340   341   342   343   344   345   346