Page 346 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 346

bud dan  Kepala  Sekolah  yang  terkait.  Praktikum  program  DIII-PTPL
         dilakukan  melalui  kerjasama  dengan  Departemen  Pertanian dan  APP.
         Sedangkan  untuk  praktikum  program  D-Ill  Komunikasi  Penyuluhan
         dilaksanakan  melalui  kerjasama  dengan  BKKBN  di  tingkat  provinsi  di
         seluruh Indonesia.


         Penutup
            Uraian di atas menunjukkan bahwa UT dirancang sebagai suatu lem-
         baga pendidikan pengelola yang dalam pelaksanaan kerja operasionalnya
         harus  memanfaatkan  sumberdaya  yang  ada  melalui jalinan  kerjasama
         dengan berbagai instansi. Dalam hal pengembangan bahan ajar dan bahan
         pendukung, UT terutama bekerja sama dengan perguruan tinggi lain, baik
         negeri  maupun  swasta.  Untuk  pendistribusian  bahan  ajar dan bahan
         pendukung lainnya, kerjasama terutama dilakukan dengan PT Pos dan Gi-
         ro,  TVRI,  RRI,  dan beberapa  stasiun  radio  daerah.  Sedangkan  untuk
         pemberian  bantuan belajar dan pelaksanaan ujian serta praktikum,  ter-
         masuk  untuk  penyediaan  tenaga  tutor/penguji/pengawas  dan  sarana/
         prasarana,  UT secara berkesinambungan  melakukan kerjasama dengan
         perguruan tinggi, Kanwil Depdikbud, serta instansi lain.
             Pola  kerjasama  yang  telah dikembangkan  UT telah  mampu  mewu-
         judkan  misi  pendidikan  nasional  yang  dibebankan  kepada  UT,  yaitu
         memberikan  kesempatan  yang  seluas-luasnya  kepada  masyarakat  Indo-
         nesia untuk mengecap pendidikan tinggi.  Oleh karena itu, mengingat lu-
         asnya jangkauan dan besarnya volume peserta didik yang  harus dilayani
         UT,  maka  kerjasama yang  telah  terjalin  baik  ini  harus  dipelihara  dan
         ditingkatkan.  Kemampuan  UT untuk mengembangkan jaringan kerja de-
         ngan instansi-instansi lain merupakan kunci keberhasilan UT khususnya,
         dan cita-cita pendidikan nasional secara umum.



                                        357
   341   342   343   344   345   346   347   348   349   350   351