Page 343 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 343

sian  bahan  ajar  noncetak  antara  lain  dilakukan  dengan  TVRI  (1984-
           sekarang),  TPI  (1991-1998),  RRI  nasional  (1984-sekarang), dan stasiun
           radio  daerah  (1996-sekarang).  Siaran  televisi  melalui  TVRI  dilakukan
           dua  kali  dalam  sebulan  dengan  durasi  tayang  25  menit.  Siaran  televisi
           melalui  TPI.  sebelum  dihentikan  pada  tahun  1998,  dilakukan  dengan
           frekuensi  empat  kali  per  bulan.  Penghentian  kerjasama  dengan  TPl
           disebabkan oleh perubahan kebijakan Direksi TPI.  Sedangkan siaran radio
           melalui RRI nasional dilakukan setiap hari kerja (Senin - Sabtu), dengan
           durasi  siaran  25  menit.  Siaran  radio  melalui  stasiun  radio  daerah  telah
           dilakukan  di  sembilan  kota  (Kupang,  Padang,  Purwokerto,  Aceh,
           Palembang,  Palu,  Semarang,  Malang,  dan  Mataram)  dengan  frekuensi
           yang  intensif namun bervariasi.  Kerjasama dengan  stasiun  radio daerah
           ini terus diupayakan untuk dapat dilakukan di daerah-daerah lain.


           Pemberian  Layanan  Bantuan  Belajar
              Dalam  sistem  pendidikan  terbuka  dan  jarak jauh,  bantuan  belajar
           merupakan  keharusan . . Namun  mengingat besarnya jumlah dan  luasnya
           sebaran  lokasi  mahasiswa  UT yang harus dilayani,  perancangan layanan
           bantuan  belajar diutamakan  untuk diberikan  pada  tingkat lokal ·oJeh  32
           UPBJJ.  Dalam  melaksanakan  tugas  ini,  UPBJJ  melibatkan  sumberdaya
           di  daerahnya  masing-masing  terutama  dalam  penyediaan  tutor  untuk
           kegiatan  tutorial  dan  bimbingan  bagi  kelompok-kelompok  belajar  ma-
           hasiswa.
              Pada  awalnya,  tutorial  diberikan  dua  kali  per semester  untuk  setiap
           mara  kuliah .  Pelaksanaan  tutorial  ini  didukung  oleh berbagai  instansi,
           baik dalam hal penyediaan tenaga tutor maupun dalam hal penyediaan sara-
           na/prasarana.  Kerjasama  terutama  dilakukan  dengan  perguruan  tinggi,
           Kantor Wilayah (Kanwil) Depdikbud, serta sekolah di daerah yang memin-
           jamkan ruangannya untuk pelaksanaan tutorial.  Pada perkembangannya,

                                          354
   338   339   340   341   342   343   344   345   346   347   348