Page 344 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 344

frekuensi  tutorial  tersebut  menurun.  Demikian  pula,  jenis  mata  kuliah
          yang  ditutorialkan  menjadi  bervariasi  tergantung  pada  permintaan  ma-
          hasiswa.  Hal ini  seiring dengan semakin intensifnya kegiaran kelompok-
          kelompok belajar mahasiswa. Kondisi ini mengak.ibatkan pemberian layan-
          an bantuan  belajar  bagi  mahasiswa  menjadi  lebih  bersifar  pembimbing-
          an akademis secara berkesinambungan oleh staf UPBJJ ,  dan  oleh  tutor
          mata kuliah tertentu sesuai dengan permintaan kelompok belajar tersebut.
          Bantuan  belajar,  baik  dalam  bentuk  tutorial  maupun  pembimbingan,
          diberikan  secara  ratap  muka  maupun  melalui  media  seperti  koran
          (kerjasama dengan  harian Mitra Bisnis  di  Bandung),  telepon,  radio  dan
          televisi  (untuk  tutorial),  Internet.  maupun  surat  menyurat  melalui  pos.
          Namun demikian, tutorial tatap muka masih secara intensif dilakukan bagi
          program studi  khusus, yaitu program studi kerjasama (proyek).
             Karena  sifatnya yang  luwes  dan  terbuka,  serta memungkinkan  maha-
          siswa  untuk belajar sambil terap  bekerja,  banyak  instansi  yang  b~rminat
          untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusianya (SDM) melalui  UT.
          Hingga sekarang ada 10 lembaga/instansi yang menugaskan stafnya umuk
          belajar  di  UT,  baik  melalui  program  reguler  UT  maupun  program
          kerjasama  secara  khusus.  Lembaga  tersebut adalah  Direktorat  Jenderal
          Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Depdikbud,  Bank Rakyar
          Indonesia  (BRJ),  Bank  BNI,  PT  Pos  Indonesia,  Universitas  Trisakti .

         Akademi  Pariwisata  Indonesia  (Apkindo).  ACS-Wisata.  PT Garuda  In-
         donesia,  PT Merpati  Nusantara,  dan TNI AU/ AD/ AL.
            Diamara program studi kerjasama tersebut, yang  m~mpunyai prngram
         tutorial  intensif adalah  program  penyetaraan  Diploma  II  bagi  guru  SD
         (DJI- PGSD)  dan  Diploma  III  bagi  guru  SLTP (DIIJ-PGSM),  program
          Diploma Ill bagi penyuluh penanian lapangan (PTPL), program Diploma
          lll  Komunikasi  Penyuluhan bagi  staf BKKBN,  dan program Diploma  II
         Perpustakaan bagi pustakawan.  Kegiatan tutorial untuk program swui  ini

                                        355
   339   340   341   342   343   344   345   346   347   348   349