Page 340 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 340
Sebagai universitas yang menerapkan sistem pembelajaran jarak ja-
uh, kegiatan utama UT adalah: (1) pengembangan bahan ajar dan bahan
pendukung, (2) pendistribusian bahan ajar dan bahan pendukung, (3)
pemberian layanan bantuan belajar, dan (4) pelaksanaan evaluasi hasil
belajar. Sehubungan dengan hal tersebut, tulisan ini akan memaparkan
sistem jaringan kerja operasional UT dalam keempat komponen aktivitas
utama tersebut.
Pengembangan Bahan Ajar dan Bahan Pendukung
Sesuai dengan rancangan UT sebagai universitas pengelola sumber-
daya akademik, bahan ajar dan bahan pendukung (termasuk bahan ujian)
UT dikembangkan oleh tenaga-tenaga pengajar dari berbagai perguruan
tinggi nasional yang terkemuka, disamping para pakar dan praktisi. St:lain
untuk tujuan efisiensi, pemanfaatan sumberdaya manusia dari bt:rbagai
lembaga pendidikan termasuk pakar dan praktisi ini juga bertujuan untuk
memeratakan dan membakukan kualitas pendidikan tinggi nasional.
Perguruan tinggi yang selama ini menjadi mitra UT dalam me-
ngembangkan bahan ajar dan bahan pendukung antara lain adalah: (l)
Universitas Indonesia, (2) Universitas Padjadjaran, (3) Universitas Gadjah
Mada, (4) Universitas Diponegoro, (5) Universitas Sebelas Mar~t. (6)
Universitas Soedirman, (7) Universitas Brawijaya, (8) Universitas Air-
langga, (9) Universitas Hassanudin, (10) Universitas Sriwijaya, (II) Uni-
versitas Lampung, (12) lnstitut Pertanian Bogor, (13) lnstitut Teknologi
Bandung, (14) !KIP Jakarta, (15) IKIP Bandung, (16) IKIP Padang. (17)
!KIP Malang, (18) IKIP Surabaya, (19) !KIP Semarang, (20) !KIP
Yogyakarta, dan (21) IKIP Sanata Dharma.
Pada awalnya, bahan ajar utama UT dirancang sebagai bahan ajar
cetak dalam bentuk modul. Bahan ajar ini dikembangkan dengan pola
'penulis-perancang instruksional' di mana penulisnya adalah para Lt:naga
35 L