Page 340 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 340

Sebagai  universitas  yang  menerapkan  sistem  pembelajaran jarak ja-
         uh, kegiatan utama UT adalah:  (1) pengembangan bahan ajar dan bahan
         pendukung,  (2)  pendistribusian  bahan  ajar  dan  bahan  pendukung,  (3)
         pemberian  layanan  bantuan  belajar,  dan  (4)  pelaksanaan  evaluasi  hasil
         belajar.  Sehubungan  dengan  hal  tersebut,  tulisan  ini  akan  memaparkan
         sistem jaringan kerja operasional UT dalam keempat komponen aktivitas
         utama  tersebut.


         Pengembangan  Bahan Ajar dan Bahan  Pendukung
            Sesuai  dengan  rancangan  UT sebagai  universitas  pengelola  sumber-
         daya akademik,  bahan ajar dan bahan pendukung (termasuk bahan ujian)
         UT dikembangkan  oleh tenaga-tenaga  pengajar dari  berbagai  perguruan
         tinggi nasional yang terkemuka, disamping para pakar dan praktisi. St:lain
         untuk  tujuan  efisiensi,  pemanfaatan  sumberdaya  manusia  dari  bt:rbagai
         lembaga pendidikan termasuk pakar dan praktisi ini juga bertujuan untuk
         memeratakan dan membakukan kualitas pendidikan tinggi nasional.
            Perguruan  tinggi  yang  selama  ini  menjadi  mitra  UT  dalam  me-
         ngembangkan  bahan ajar  dan  bahan  pendukung  antara  lain  adalah:  (l)
         Universitas Indonesia, (2) Universitas Padjadjaran, (3) Universitas Gadjah
         Mada,  (4)  Universitas  Diponegoro,  (5)  Universitas  Sebelas  Mar~t. (6)
         Universitas  Soedirman,  (7)  Universitas  Brawijaya,  (8)  Universitas  Air-
         langga, (9) Universitas Hassanudin, (10)  Universitas Sriwijaya, (II) Uni-
         versitas  Lampung,  (12)  lnstitut  Pertanian  Bogor,  (13)  lnstitut Teknologi
         Bandung, (14)  !KIP Jakarta, (15)  IKIP Bandung, (16)  IKIP Padang. (17)
         !KIP  Malang,  (18)  IKIP  Surabaya,  (19)  !KIP Semarang,  (20)  !KIP
         Yogyakarta,  dan (21)  IKIP Sanata  Dharma.
           Pada  awalnya,  bahan  ajar  utama  UT dirancang  sebagai  bahan  ajar
         cetak  dalam  bentuk  modul.  Bahan  ajar  ini  dikembangkan  dengan  pola
         'penulis-perancang instruksional' di  mana  penulisnya adalah para Lt:naga

                                       35 L
   335   336   337   338   339   340   341   342   343   344   345