Page 335 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 335
memiliki persepsi yang sama. Dengan langkah kedua ini pemeriksa su-
dah memiliki pegangan mengenai apa yang harus ada dalam jawaban ma-
hasiswa dan dapat menentukan sekor untuk berbagai alternatif jawaban.
Para pemeriksa masih harus menentukan apakah butir soal tersebut
dengan pedoman pensekoran seperti itu, "pantas" umuk ditanyakan kepa-
da peserta ujian. Ada kemungkinan butir soal tersebut terlalu "mudah"
atau terlalu "sukar" untuk mereka. Artinya tingkat kesukaran setiap butir
soal sepantasnya diketahui oleh pihak penguji (penulis soal, pemeriksa)
secara empiris. Untuk mengetahui tingkat kesukaran secara empiris, pa-
ra pemeriksa dapat melaksanakan analisis butir soal dengan mengambil
sampel acak pengikut ujian. Lembar jawaban sampel ini diperiksa oleh
masing-masing pemeriksa secara indipenden dengan menggunakan
pedoman yang sudah disepakati. Setelah masing-masing pemeriksa
memberi sekor pada setiap jawaban butir soal, para pemeriksa mendis-
kusikan sekor untuk setiap butir. Jika terjadi perbedaan sekor yang
mencolok,· para pemeriksa harus mendiskusikan mengapa sekornya
demikian. Dengan pelaksanaan seperti ini berbagai manfaat akan dirasakan
para pemeriksa. Amara lain, para pemeriksa berlatih menggunakan pe-
doman pensekoran kemudian bersepakat untuk memperbaiki pedoman
pensekoran. Perbaikan tersebut kemungkinan membawa akibat pada
perubahan maksimum sekor untuk setiap butir soal, karena berdasarkan
uji coba ini butir soal tersebut terlalu sukar atau terlalu mudah sehingga
pemeriksa dapat mengeliminer beberapa jawaban pada pedoman
pensekoran (bagi soal yang sukar) atau menambah materi yang harus
tercantum dalam pedoman pensekoran (bagi butir soal yang mudah).
Dengan adanya kegiatan uji coba ini, para pemeriksa dapat menyesuaikan
tingkat kesukaran butir soal uraian sehingga perangkat UKT terse but tidak
terdiri dari butir soal yang semuanya sulit atau semuanya mudah, tetapi
kombinasi antara yang mudah, sedang dan sulit.
346