Page 334 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 334

mahasiswa  di  manapun  ia  berada  dapat  diperbandingkan  karena  sudah
         sama alat ukurnya, pengolahannya dan prosedur penanganannya.


         b.  Ujian Komprehensif Tertulis (UKT)
            Pengembangan  UKT,  pelaksanaannya  tidak  banyak  berbeda  dengan
         pengembangan UAS. Perbedaan yang  menonjol justru mengenai  materi,
         proses berfikir yang ditanyakan dan keterampilan mengemukakan jawab-
         an  yang  harus  dilengkapi dengan  argumentasi yang  tepat.  Materi  UKT
         biasanya  diambil  dari  berbagai  mata  kuliah,  sedangkan proses  berfikir
         yang diukur biasanya proses berfikir tinggi dengan pendekatan "problem
         solving".  Bentuk  pertanyaan  UKT  selalu  dalam  bentuk uraian  (esai)
         terbuka.  Para penulis soal esai terbuka,  biasanya menuliskan pula alter-
         natif jawaban yang diharapkan, lengkap dengan pedoman pensekoran un-
         tuk setiap alternatif jawaban tersebut.  Ada tahap pengembangan butir so-
         a! dan pedoman pensekoran, diperlukan curah pendapat dan argumentasi
         yang menyita waktu, agar supaya butir soal tersebut memiliki keterhandal-
         an dan reliabilitas  yang tinggi.  Pembahasan seperti ini merupakan alter-
         natif lain  dari  pelaksanaan  uji-coba  lapangan  sebelum  butir  soal  dan
         pedoman pensekoran dijadikan sebagai alat ukur. Jadi validasi berdasarkan
         pertimbangan  para  pakar  (expert judgment)  dilaksanakan  sebelum
         pelaksanaan pengukuran.  Selanjutnya validasi berikutnya adalah pada ta-
         hap para pemeriksa jawaban akan memulai tugas  penilaian atas jawaban
         yang ditulis mahasiswa di dalam buku jawaban ujian. Dalam validasi ke-
         dua  ini  para pemeriksa  membaca  butir  soalnya  sekaligus  mempelajari
         pedoman  pensekoran.  Setelah  masing-masing  pemeriksa  selesai  mem-
         pelajarinya,  mereka mendiskusikan materi yang ditanyakan dalam alter-
         natif jawaban.  Para  pemeriksa  harus  menyepakati  materi  pedoman
         pensekoran tersebut apakah sudah cocok atau harus diperbaiki. Demikian
        juga pensekoran  harus  ada  kesesuaian  pendapat  dan  antar  pemeriksa

                                       345
   329   330   331   332   333   334   335   336   337   338   339