Page 334 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 334
mahasiswa di manapun ia berada dapat diperbandingkan karena sudah
sama alat ukurnya, pengolahannya dan prosedur penanganannya.
b. Ujian Komprehensif Tertulis (UKT)
Pengembangan UKT, pelaksanaannya tidak banyak berbeda dengan
pengembangan UAS. Perbedaan yang menonjol justru mengenai materi,
proses berfikir yang ditanyakan dan keterampilan mengemukakan jawab-
an yang harus dilengkapi dengan argumentasi yang tepat. Materi UKT
biasanya diambil dari berbagai mata kuliah, sedangkan proses berfikir
yang diukur biasanya proses berfikir tinggi dengan pendekatan "problem
solving". Bentuk pertanyaan UKT selalu dalam bentuk uraian (esai)
terbuka. Para penulis soal esai terbuka, biasanya menuliskan pula alter-
natif jawaban yang diharapkan, lengkap dengan pedoman pensekoran un-
tuk setiap alternatif jawaban tersebut. Ada tahap pengembangan butir so-
a! dan pedoman pensekoran, diperlukan curah pendapat dan argumentasi
yang menyita waktu, agar supaya butir soal tersebut memiliki keterhandal-
an dan reliabilitas yang tinggi. Pembahasan seperti ini merupakan alter-
natif lain dari pelaksanaan uji-coba lapangan sebelum butir soal dan
pedoman pensekoran dijadikan sebagai alat ukur. Jadi validasi berdasarkan
pertimbangan para pakar (expert judgment) dilaksanakan sebelum
pelaksanaan pengukuran. Selanjutnya validasi berikutnya adalah pada ta-
hap para pemeriksa jawaban akan memulai tugas penilaian atas jawaban
yang ditulis mahasiswa di dalam buku jawaban ujian. Dalam validasi ke-
dua ini para pemeriksa membaca butir soalnya sekaligus mempelajari
pedoman pensekoran. Setelah masing-masing pemeriksa selesai mem-
pelajarinya, mereka mendiskusikan materi yang ditanyakan dalam alter-
natif jawaban. Para pemeriksa harus menyepakati materi pedoman
pensekoran tersebut apakah sudah cocok atau harus diperbaiki. Demikian
juga pensekoran harus ada kesesuaian pendapat dan antar pemeriksa
345