Page 330 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 330
tinggi lronvensional. Materi tugas mandiri dikembangkan dari setengah
materi mata kuliah. Misalnya mata kuliah yang bobot SKSnya 3, jumlah
modulnya ada 9, sehingga bahan untuk materi tugas mandiri diambil dari
modul 1 sampai deogan modul 4 dan seteogah dari modul 5.
Beotuk pertanyaan tugas mandiri dapat seluruhnya beotuk objektif atau
uraian atau gabungan keduanya. Thgas mandiri inipun telah dilengkapi
dengan pedoman pensekorannya, sehingga siapapun yang memeriksa
lembar jawaban tugas mandiri, hasilnya tidak akan berbeda jauh (tingkat
reliabilitasnya tinggi).
Selror tugas mandiri yang lebih besar dari sekor ujian akhir semester,
akan diperbitungkan dalam menentukan nilai akhir semester. Tetapi jika
sekor tugas mandiri lebih kecil dari sekor ujian akhir semester, maka
nilai akhir semester semata-mata diteotukan oleh sekor ujian akhir
semester. Perhitungan seperti ini hanya berlaku bagi mata kuliah yang
tidak ada praktikum atau prakteknya.
Sumbangan sekor tugas mandiri kepada nilai akhir semester hanya 20%.
Sebagai contoh, mata kuliah llmu Budaya Dasar yang tidak ada kegiatan
praktilrumnya, pada penentuan nilai akhir semester untuk mata kuliah ini
diperlakukan sekor tugas mandiri dan sekor ujian akhir semester. Sekira-
nya mahasiswa A mendapat sekor tugas mandiri 80 dan sekor ujian akhir
semester 85, maka nilai akhir semester mahasiswa A diteotukan oleh
sekor ujian akhir semester saja yaitu 85. Lain halnya untuk mahasiswa B
yang mendapat sekor tugas mandiri 90 dan sekor ujian akhir semester 75,
maka nilai akhir semester mahasiswa B menjadi:
20% X 90 + 80% X 75 = 18 + 60 = 78
Ada sejumlah mata kuliah di UT yang kegiatan teorinya menjadi ba-
gian integral dari kegiatan praktek/praktikumnya. Mata kuliah seperti ini
antara lain mata kuliah Teknik Penyuluhan Pertanian di FMIPA atau mata
341
• •
..