Page 328 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 328
ambil mara kuliah tertentu karena mereka:
1. Tel all pernah ll)eng_ikuti Plata kuliah ter§ebut di P. T di luar a tau di UT;
sehingga mata kuliah tersebut dapat dialih kreditkan sesuai peraturan
alih kredit
2. Memiliki tabungan kredit yang dapat diperoleh melalui pengala01an
termasuk mengikuti berbagai kegiatan akademik yang mengarah pa-
da peningkatan kualitas SDM. Tabungan kredit ini lebih dikenal de-
ngan Hasil Belajar Melalui Pengalaman (~BMP) . Mahasiswa pro-
gram penyetaraan Dll Guru Se~olah Dasar, DIII Gu~u SLTP I~lemi
liki sejumlah tabungan kredit yang didJsarkan paJa pengalaman me.ng-
ajar yaitu semakin lama pengalaman mengajarnya semakin banyak
I •
jumlah SKS yang dibebaskan. J.>l IUJ ~ .,
I;:)
Tes Formatif . ,
Proses pembelajaran di UT hampir, se~UT4hnya dilakukap mrl,alui. in:
teraksi tertulis dengan bahan belajar utama berbentuk bahan ajar secara
populer dikenal dengan sebutan modu). Se~iap. modul terqiri d~f~ bebe-
rapa kegia.tan beJajar. Pa.~~ s~tiap, ~eg)jltaq belaj31r sel~in me.nyflntUn1kan
uraian tentang konsep/dalil/hukum yang direncaoakan untuk dipelajari ju-
, • ) ' ., J. Jl
1
ga barus dicantumkan contoh (cont?._h y~~g,~e~~r dan c~~toi:J._y~~_g salah)
yang dilanjutkan dengan latihan/sofll. CQ.ntqh-cpotoh ~an, j~tipai1 ini
meningkatkan kualitas penguasaan kons.ep. Kegiatan yang .Ian~sung
~ ~~ - ~ ~-
mengiting~ latihan JI11'\!ldif\ ilQal~~\Rlenj~~~b, ,_pertat~yaan yang bertujuan
untuk mengukur tingkat p,e.ngu~saan :~O~fP .. ter~fP~.~· .Bilamana ting~~t
penguasaannya masih kurang dari 80%, mah~~~wa tersebut b,el4Jll bole~
. .. " 1 ~
melanjutkan kegiatannya pada kegiatan belajar berikutnya. Ia harus mela-
cak pertanyaan yang mana (konsep yang mana) yang beluQ1 dikuasainxa.
' . - j
De~gan ~a~a lajn mahasis'ra ~rs~gl(;t ,harus .~embali T)lenJj1elaj,ari .. hag ian
uraian dap ,~tat~ contq\1 •. dap .f.l!!\1 ~~Hba~. yang, berkenaan ~engan k<wsep