Page 328 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 328

ambil  mara  kuliah  tertentu karena mereka:
        1.  Tel all pernah ll)eng_ikuti Plata kuliah ter§ebut di P. T di  luar a tau di  UT;
           sehingga mata kuliah tersebut dapat dialih kreditkan sesuai  peraturan
           alih kredit
        2.  Memiliki  tabungan  kredit  yang  dapat  diperoleh  melalui  pengala01an
           termasuk  mengikuti  berbagai  kegiatan akademik yang  mengarah  pa-
           da  peningkatan  kualitas  SDM.  Tabungan  kredit  ini  lebih  dikenal  de-
           ngan  Hasil  Belajar  Melalui  Pengalaman  (~BMP) .  Mahasiswa  pro-
           gram penyetaraan Dll  Guru  Se~olah Dasar,  DIII  Gu~u SLTP  I~lemi­
           liki sejumlah tabungan kredit yang didJsarkan paJa pengalaman me.ng-
           ajar  yaitu  semakin  lama  pengalaman  mengajarnya  semakin  banyak
                                         I         •
          jumlah SKS  yang dibebaskan.   J.>l  IUJ  ~  .,
                                                                       I;:)

        Tes Formatif                         . ,
           Proses pembelajaran di  UT  hampir, se~UT4hnya dilakukap  mrl,alui. in:
        teraksi  tertulis  dengan bahan  belajar utama berbentuk bahan ajar secara
        populer dikenal  dengan sebutan modu).  Se~iap.  modul  terqiri  d~f~ bebe-
        rapa kegia.tan  beJajar.  Pa.~~ s~tiap,  ~eg)jltaq belaj31r  sel~in me.nyflntUn1kan
        uraian tentang konsep/dalil/hukum yang direncaoakan untuk dipelajari ju-
                                      ,   •   )   '           .,   J.   Jl
                                         1
        ga barus dicantumkan contoh (cont?._h y~~g,~e~~r dan c~~toi:J._y~~_g salah)
        yang  dilanjutkan  dengan  latihan/sofll.  CQ.ntqh-cpotoh  ~an,  j~tipai1  ini
        meningkatkan  kualitas  penguasaan  kons.ep.  Kegiatan  yang  .Ian~sung
                                                   ~   ~~  - ~   ~-
        mengiting~ latihan JI11'\!ldif\  ilQal~~\Rlenj~~~b, ,_pertat~yaan yang  bertujuan
        untuk  mengukur  tingkat  p,e.ngu~saan :~O~fP .. ter~fP~.~· .Bilamana  ting~~t
        penguasaannya masih kurang dari 80%,  mah~~~wa tersebut b,el4Jll bole~
                                            .         ..    "     1  ~
        melanjutkan kegiatannya pada kegiatan belajar berikutnya. Ia harus mela-
        cak pertanyaan yang  mana (konsep yang mana) yang beluQ1 dikuasainxa.
                                                              '   .   -  j
        De~gan ~a~a lajn  mahasis'ra ~rs~gl(;t ,harus .~embali T)lenJj1elaj,ari .. hag ian
        uraian  dap ,~tat~ contq\1 •. dap .f.l!!\1 ~~Hba~. yang, berkenaan  ~engan k<wsep
   323   324   325   326   327   328   329   330   331   332   333