Page 336 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 336
Nilai lulus untuk UKT berbeda dengan nilai lulus UAS, di mana nilai
Iulus UKT minimal C atau 2,0 sedangkan untuk mata kuliab lain di-
mungkinkan untuk mendapat nilai D atau 1 ,0.
Penentuan Nilai Akhir Semester
Sebagaimana diuraikan di atas bahwa nilai akhir semester tidak banya
ditentukan oleb basil UAS tetapi juga oleb tugas mandiri dan basil prak-
tikum/praktek. Juga sudah dicontohkan di atas bagaimana proporsi ma-
sing-masing untuk menentukan sekor akhir masing-masing mata kuliah.
Setiap mata kuliab akan ada sekornya dalam bentuk bilangan 0 sampai
dengan 100. Menurut ketentuan Depdikbud nilai akhir mahasiswa ditulis-
kandalam huruf(A=4; B=3; C=2; D=l ; dan E=O).
Universitas Terbuka menggunakan 2 pendekatan dalam penentuan ha-
sil pembelajaran yaitu pendekatan acuan kriteria/patokan (PAK/PAP) pa-
da saat mempelajari modul di mana seseorang boleh pindah dari kegiat-
an belajar pertama ke kegiatan belajar berikutnya apabila tes formatipnya
memperoleb sekor minimal 80% . Namun pada penentuan nilai UAS sangat
riskan menggunakan PAK/PAP mengingat proses pembelajaran belum
terlaksana secara optimal. Oleh karena itu untuk penentuan nilai akhir
semester, UT menggunakan pendekatan acuan norma (PAN) artinya ni-
lai seseorang ditentukan oleh kualitas semua mahasiswa yang mengam-
bil mata kuliah itu, sehingga nilai A, B, C, D, danE didistribusikan ke-
pada masing-masing peserta ujian berdasarkan kurva normal.
Perbaikan Nilai Hasil Ujian
Kesempatan untuk memperbaiki nilai basil ujian terbuka bagi maha-
siswa. Upaya perbaikan ini dapat dilakukan beberapa kali. Sekor yang
tertinggi yang diperoleh dalam beberapa kali ujian ulang yang digunakan
untuk menentukan nilai hasil ujian.
347