Page 336 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 336

Nilai lulus untuk UKT berbeda dengan nilai lulus UAS, di mana nilai
          Iulus  UKT  minimal  C  atau  2,0  sedangkan  untuk  mata  kuliab  lain  di-
          mungkinkan untuk mendapat nilai D atau 1  ,0.


          Penentuan Nilai Akhir Semester
            Sebagaimana diuraikan di atas bahwa nilai akhir semester tidak banya
          ditentukan oleb basil UAS  tetapi juga oleb tugas mandiri dan basil prak-
          tikum/praktek.  Juga sudah dicontohkan di  atas bagaimana proporsi ma-
         sing-masing untuk menentukan sekor akhir masing-masing mata kuliah.
         Setiap  mata kuliab  akan  ada sekornya dalam bentuk bilangan 0  sampai
         dengan 100. Menurut ketentuan Depdikbud nilai akhir mahasiswa ditulis-
          kandalam huruf(A=4; B=3; C=2; D=l ; dan E=O).
            Universitas Terbuka menggunakan 2 pendekatan dalam penentuan ha-
         sil pembelajaran yaitu pendekatan acuan kriteria/patokan (PAK/PAP) pa-
         da saat mempelajari modul di mana seseorang boleh pindah dari kegiat-
         an belajar pertama ke kegiatan belajar berikutnya apabila tes formatipnya
         memperoleb sekor minimal 80% . Namun pada penentuan nilai UAS sangat
         riskan  menggunakan  PAK/PAP  mengingat  proses  pembelajaran  belum
         terlaksana  secara  optimal.  Oleh karena  itu untuk penentuan nilai  akhir
         semester,  UT menggunakan pendekatan acuan norma (PAN) artinya ni-
         lai  seseorang ditentukan oleh  kualitas  semua mahasiswa  yang  mengam-
         bil mata kuliah itu, sehingga nilai A, B, C, D, danE didistribusikan ke-
         pada masing-masing peserta ujian berdasarkan kurva normal.


         Perbaikan Nilai Hasil Ujian
            Kesempatan untuk memperbaiki nilai  basil ujian terbuka bagi  maha-
         siswa.  Upaya  perbaikan  ini  dapat dilakukan  beberapa  kali.  Sekor  yang
         tertinggi yang diperoleh dalam beberapa kali ujian ulang yang digunakan
         untuk menentukan nilai hasil ujian.

                                        347
   331   332   333   334   335   336   337   338   339   340   341