Page 339 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 339
JARINGAN KERJA UNIVERSITAS TERBUKA
Endang T. llurtedjo, Tian Belawati, dan Dewi Padmo
Pendahuluan
Universitas Terbuka (UT) didirikan sebagai lembaga pendidikan yang
memanfaatkan metode inovatif untuk meningkatkan daya serap sistem
pendidikan, khususnya pada tingkat pendidikan tinggi. Pada akhir tahun
70-an dan permulaan tahun 80-an, permintaan akan tempat di perguruan
tinggijauh melebihi kapasitas yang tersedia (Universitas Terbuka, 1992).
Kebutuhan akan metode yang inovatif semakin kuat ketika kebutuhan akan
peningkatan kualitas guru semakin mendesak. Oleh karena itu, UT diben-
tuk dengan dua misi utama, yaitu: (1) untuk meningkatkan daya serap
pendidikan tinggi, dan (2) untuk melaksanakan program penyetaraan
kualitas tenaga pendidik, khususnya guru SD dan SLTP.
Berdasa.rkan dua misi tersebut, UT dirancang untuk menggunakan
sistem pembelajaran jarak jauh yang diyakini dapat memecahkan dua
persoalan utama, yaitu: (1) kelangkaan sumberdaya rnanusia khususnya
tenaga pengajar dan (2) kelangkaan sarana dan prasarana pendidikan seperti
gedung. Oleh karena itu, dalam perencanaannya, UT dirancang untuk
memanfaatkan sumberdaya akademik dan non akademik yang sudah
tersedia dan dapat diakses. Dengan kata lain, UT dirancang mengelola
sumberdaya, mulai dari sumberdaya untuk keperluan kantor sampai pada
sumberdaya untuk kegiatan akademik dan operasional.
350