Page 339 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 339

JARINGAN KERJA UNIVERSITAS TERBUKA




                  Endang T. llurtedjo, Tian Belawati, dan Dewi Padmo








          Pendahuluan

             Universitas Terbuka (UT) didirikan sebagai lembaga pendidikan yang
          memanfaatkan metode  inovatif untuk meningkatkan daya  serap  sistem
          pendidikan, khususnya pada tingkat pendidikan tinggi.  Pada akhir tahun
          70-an dan permulaan tahun 80-an, permintaan akan tempat di perguruan
          tinggijauh melebihi kapasitas yang tersedia (Universitas Terbuka,  1992).
          Kebutuhan akan metode yang inovatif semakin kuat ketika kebutuhan akan
          peningkatan kualitas guru semakin mendesak. Oleh karena itu, UT diben-
          tuk dengan dua misi  utama,  yaitu:  (1)  untuk meningkatkan daya  serap
          pendidikan tinggi,  dan  (2)  untuk  melaksanakan  program penyetaraan
          kualitas tenaga pendidik, khususnya guru SD dan SLTP.
             Berdasa.rkan dua misi  tersebut,  UT dirancang  untuk  menggunakan
          sistem pembelajaran jarak jauh yang  diyakini  dapat  memecahkan  dua
          persoalan utama,  yaitu:  (1)  kelangkaan sumberdaya rnanusia  khususnya
          tenaga pengajar dan (2) kelangkaan sarana dan prasarana pendidikan seperti
          gedung.  Oleh  karena  itu,  dalam  perencanaannya,  UT dirancang  untuk
          memanfaatkan  sumberdaya  akademik  dan non  akademik  yang  sudah
          tersedia dan dapat diakses.  Dengan kata  lain,  UT dirancang  mengelola
          sumberdaya, mulai dari sumberdaya untuk keperluan kantor sampai pada
          sumberdaya untuk kegiatan akademik dan operasional.


                                         350
   334   335   336   337   338   339   340   341   342   343   344