Page 342 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 342
an course team, yang terdiri dari ahli materi (penulis), ahli instruksional,
dan ahli media. Dengan demikian, bahan ajar yang dikembangkan men-
jadi lebih terpadu sehingga lebih berkualitas.
Pendistribusian Bahan Ajar dan Bahan Pendukung
Mahasiswa UT tersebar di seluruh wilayah nusantara, dan sebagian
besar berada di daerah-daerah yang relatif terpencil. Oleh karena itu,
bahan ajar cetak dikirimkan langsung ke alamat mahasiswa UT melalui
sistem pos nasional yang mempunyai jangkauan sampai ke pedesaan. Un-
tuk kepentingan ini, UT telah menjalin kerjasama dengan Perum Pos dan
Giro yang kini menjadi PT. Pos Indonesia. Pada tahun-tahun awal operasi
UT, selain sebagai mitra dalam pengiriman bahan ajar kepada mahasis-
wa secara langsung, PT Pos Indonesia juga melayani penjualan bahan ajar
di Kantor Pos. Namun seiring dengan meningkatnya volume bahan ajar
serta terbatasnya kapasitas gudang mereka, penjualan bahan ajar di Kan-
tor Pos dihentikan. Selanjutnya, penjualan bahan ajar difokuskan di kan-
tor-kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT yang terdapat di
32 kota besar di 27 provinsi, serta di beberapa toko buku yang berada di
daerah.
Selain untuk pengiriman bahan ajar cetak, PT Pos Indonesia juga me-
layani penjualan bahan pendukung seperti berkas registrasi, pengiriman
naskah ujian, dan penerimaan SPP mahasiswa. Penyempurnaan kerja-
sama terus dilakukan, dan hingga saat ditulisnya artikel ini, sekitar 310
Kantor Pos melayani mahasiswa dalam penjualan berkas forll!ulir,
penerimaan setoran SPP, biaya praktikum, ujian ulang, dan ujian kom-
prehensif tertulis, serta pemesanan bahan ajar.
Mengingat bahan ajar UT tidak terbatas dalam bentuk media cetak,
UT juga menjalin kerjasama dengan berbagai instansi untuk mendis-
tribusikan bahan ajar noncetak tersebut. Kerjasama dalam pendistribu-
353