Page 350 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 350
Kecenderungan ini akan tetap demikian, terlebih disebabkan oleh
perkembangan ilmu dan teknologi yang mengubah cara manusia bekcrja.
Keadaan sepeni ini menuntut sumber daya manusia untuk meng.ikuti
perkembangan tersebut supaya memenuhi kualifikasi untuk pekc1jaan
(profesi) yang dipcgangnya. Kapasitas pendidikan tinggi tatap muka de-
wasa ini jauh di bawah kebutuhan masyarakat. Kapasitas terseblll juga
belum cukup untuk menampung lulusan segar sekolah lanjutan tingkat atas.
Sedangkan dari uraian di atas, ada kebutuhan masyarakat atas program
pendidikan dan latihan supaya mereka memenuhi k.-ualifikasi yang uitun-
tut oleh profesinya. Jadi, pendidikan jarak jauh-lah yang dapat menjanji-
kan solusi atas kebutuhan program pendidikan dan latihan tersebut. Oleh
karena itu, institusi pendidikanjarakjauh perlu memanfaatkan infrastruk-
tur dan layanan umum yang telah tersedia, serta teknologi atau kombinasi
dari tiga hal ini unruk penyampaian materi ajar dan penyelenggaraau ban-
tuan belajar. P'ctragraf berikut ini menginventarisasi ketiga hal tersebut.
lnfrastruktur, Layanan Umum, dan Teknologi
lnfrastruktur. layanan umum serta teknologi yang akan dibahas dalam
makalah ini adalah infrastruktur komunikasi yang telah ada dan yang
biayanya relatif murah untuk dimanfaatkan bagi pengembangan proses
belajar mengajar dalam pendidikan jarak jauh. Murah dilihat baik dari
pihak pengelola maupun pihak peserta ajar.
1. lnfrastruktur
Infrastruktur yang pertama adalah jaringan telepon. Jangkauan jaring-
an telepon telah mencapai seluruh pelosok tanah air. Walaupun tingkat
kepemilikan sambungan telepon di Indonesia masih rendah, namun ak-
ses masyarakat umum ke jaringan telepon cukup tinggi. Bila di rumah
tidak tersedia sambungan telepon, masyarakat dapat mcngaksesnya dari
363