Page 52 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 52

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 Proses  pembelajaran  pada  fase  kedua  dilakukan  melalui
                 pemanfaatan  berbagai  media  audio-visual,  surat-menyurat
                 melalui  pos  (mail),  faksimili,  radio,  televisi,  siaran  melalui
                 satelit (satellite broadcast), videotape, teleconferencing dalam
                 pengajaran  (Hall,  1996).  Ciri  distingtif    kebahasaan  generasi
                 tersebut dalam literatur PTJJ meliputi penggunaan berbagai
                 istilah, seperti satellite broadcast, satellite navigation, satellite
                 telephone service, satellite network, facsimile machine,  radio
                 education, radio station, community radio, radio programme,
                 dan lain-lain (lihat bagian 4).


                 Pengayaan bahan ajar juga dilakukan melalui berbagai program
                 siaran  radio  dan  televisi.  Paket-paket  bahan  ajar  dikirimkan
                 ke  mahasiswa  menggunakan  jasa  pos,  yang  tercermin  dari
                 penggunaan  berbagai  istilah  khusus  PTJJ  pada  Generasi  ke-
                 2, seperti snail mail  , postal mail, mail and telephone (lihat
                                    4
                 bagian 4 dari tulisan ini). Interaksi tutor dengan mahasiswa
                 dilakukan  secara  individual  melalui  telepon  selain  melalui
                 kelompok-kelompok diskusi pada malam hari dan akhir pekan
                 mengingat  para  mahasiswa  yang  menempuh  jalur  PT  pada
                 umumnya adalah mereka yang sudah bekerja.


                 Dengan  berbagai  kendala  pada  saat itu,  proses  tata kelola
                 PTJJ  yang  sama  dalam  memberikan  layanan  kepada  para
                 mahasiswa (student support) juga dilakukan oleh Universitas
                 Terbuka (UT) pada masa-masa awal perkembangannnya pada
                 dekade  80-an  mengikuti  perkembangan  PT  pada  tataran
                 internasioanl  (Keegan,  1986).  UT  didirikan  oleh  Pemerintah
                 pada tahun 1984 sebagai salah satu perguruan tinggi negeri
                 di tanah air dengan mengadopsi Sistem Pendidikan Jarak Jauh
                 (SPJJ).

                 4  Secara etimologis, snail mail diasosiakan dengan siput (snail) berupa hewan kecil yang ber-
                   jalan sangat lamban (Collins Cobuild English Dictionary, 1995). Dalam konteks PT pada Gen-
                   erasi awal, kondisi pengiriman bahan ajar kepada para mahasiswa menggunkan jasa pos yang
                   masih relatif lamban. Berdasarkan pengalaman UT pada awal perkembangannya, bahan ajar
                   sering kali diterima oleh mahasiswa agak terlambat, bahkan tidak jarang dikembalikan oleh
                   pihak Pos ke UT karena alamat yang dituju tidak ditemukan.


                                           42
   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57