Page 57 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 57
1. Pendidikan Terbuka dan Modal Insani Indonesia
RC.
KEY WORD FREQ. % FREQ. RC. % KEYNESS
Information 10096 0,18095921 9339 0,03538404 11930,32813
Development 8610 0,154324368 7239 0,027427463 10994,44922
Design 6232 0,111701444 3335 0,012635805 10672,17969
Resources 5338 0,095677517 2370 10038,31641
Assessment 4546 0,081481829 1387 9955,036133
Study 6550 0,117401227 4521 0,017129377 9635,321289
Materials 4960 0,088902302 2081 9571,352539
Instructor 3042 0,054524358 175 9330,818359
Classroom 3260 0,058431756 417 8944,033203
Bahkan, jika indeks kata kunci education dan distance yang
lazim muncul dalam struktur frasa Distance Education (sekitar
104.078,29), maka indeks kata kunci learning masih jauh
lebih tinggi. Salah satu interpretasi yang dapat diberikan
dalam fenomena ini adalah bahwa konsep ‘learning’ yang
7
menekankan proses pembelajaran (learning proses) menjadi
isu sentral dalam literatur atau diskursus dalam disiplin ilmu
PJJ dan bidang PT dan PJJ sebagai komponen PTJJ. Hal ini dapat
dimengerti bahwa konsep tersebut selalu diusung sepanjang
sejarah PT sejak kelahiran Open University di Inggris pada
akhir 1960-an sebagai pelopor, dan kemudian diikuti dengan
pendirian sejumlah open university di banyak negara, termasuk
gerakan atau model Open and Distance Learning.
Selain itu, melalui penerapan pendekatan korpus dalam tulisan
ini berbasis korpus PTJJ, terbukti bahwa pola-pola bahasa atau
sanding kata (collocation), seperti open learning dan ditance
learning, termasuk online learning, antara lain mencerminkan
karakteristk yang sangat menonjol dari PT dan PJJ (lihat Tabel
2).
7 Kata learning dalam Collins Cobuild English Dictionary (1995) didefinisikan sebagai
berikut: “learning is the process of gaining knowledge through studying”.
47