Page 61 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 61

1. Pendidikan Terbuka dan Modal Insani Indonesia




               3.  Language Patterns pada Generasi Ketiga PJJ
               Generasi  ke-3  PJJ  ditandai  dengan  penerapan  Systems
               Approach ,  pengembangan  Articulated  Instructional  Media
                        9
               Project (AIM), pendirian Open University Inggris, seperti yang
               terlihat dalam Tabel 5.

                       Tabel 5. Terminologi pada Generasi ke-4 PJJ


                AIM ...                systems approach
                  AIM Project            instructional systems approach
                  AIM research           educational systems approach
                  AIM model              systems approach
                                         systems-approach model
                Open University/OU     study guide(s)
                  Open University        printed study guide(s)
                student(s)               interactive study guide(s)
                  Open University  course(s)  correspondence tutoring
                  Open University  tutor(s)  radio boardcast
                  Open University      television broadcast
                student(s)             recorded audiotape(s)
                                       telephone conference(s)
                                       kit(s)
                                       local library resource(s)

               4.  Language Patterns pada Generasi Keempat PJJ
               Penggunaan  terminologi  bidang  PTJJ  pada  Generasi  ke-4
               mengacu  pada  konsep  teleconferencing  dengan  turunannya
               dalam bentuk audio-conferencing, satellite, interactive video-
               conferencing,  business  TV,  two-ways  video-conferencing
               (Moore dan Kearsley, 2005/2012), seperti yang terlihat pada
               Tabel 6.



               9  Systems approach adalah sebuah pendekatan dalam dunia instruksional pendidi-
                 kan dengan melibatkan beberapa tahapan dalam sebuah proses yang sistematis
                 yang saling terintegrasi dalam mendesain, mengembangkan, mengimplementai-
                 kan, serta mengevaluasi sebuah proses instruksional PTJJ sehingga diperoleh hasil
                 yang maksimal (Dick, Carey & Carey, 2008).



                                           51
   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66