Page 66 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 66

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 Rekognisi  terhadap  status  PT  sebagai  bagian  dari  sistem
                 pendidikan  tinggi  merupakan  hasil  dari  upaya  sinergis
                 kolaboratif antar stakeholders sepanjang sejarah PJJ (Generasi
                 1-5) yang melibatkan institusi dan otoritas pendidikan tinggi,
                 asosisasi  PJJ,  peneliti,  praktisi,  dan  pelaku  bisnis.  Dengan
                 kata  lain,  eksistensi,  fungsi,    dan  kontribusinya  tidak  lagi
                 bersifat marginal (peripheral) melainkan sudah berada di zona
                 mainstream.  Perkembangan  tersebut  akan  semakin  meluas
                 meskipun terdapat tentantangan bagi institusi penyelenggara
                 PT  seperti  UT  dalam  pemanfaatan  Teknologi  Informasi  dan
                 Komunikasi terbaru untuk memfasilitasi proses pembelajaran
                 sehingga menghasilkan para lulusan yang memiliki kompetensi
                 yang dibutuhkan dunia kerja (link-and-match).


                 Keberhasilan agenda PT ke depan untuk semakin memperluas
                 pengakuan sistem PTJJ oleh masyarakat luas juga tergantung
                 antara  lain  pada  bagaimana  terminologi  PT,  yaitu  istilah-
                 istilah  khusus  bidang  PT  dengan  semua  bentuk  derivasinya,
                 dapat  semakin  diperkenalkan  kepada  semua  pemangku
                 kepentingan.  Dengan  demikian,  melalui  upaya  yang  terus-
                 menerus  dari  semua  pihak,  termasuk  melalui  tulisan  kali
                 ini, diharapkan terminologi PT akan semakin dikenalkan dan
                 digunakan secara lebih luas oleh para pemangku kepentingan
                 dalam berbagai forum diseminasi dan dalam berbagai konteks
                 situasi komunikasi bidang PT.


                 Dilihat  dari  konstruksi  terminologis,  konsep  Open  Learning
                 lebih  mendapatkan  penekanan  dibandingkan  dengan  istilah
                 Distance  Learning;  bahkan  terlihat  sebagai  komponen
                 yang  utama  karena  muncul  lebih  awal  dalam  struktur  frasa
                 Open  and  Distance  Learning.  Penggabuangan  keduanya
                 telah  menghasilkan  berbagai  istilah  bidang  PTJJ  yag  terus
                 berkembang, berevolusi, dan adaptif terhadap perkembangan
                 zaman.  Secara  historis,  sepanjang  sejarahnya  akan  terus
                 diliputi  dengan  pembentukan  istilah-istilah  yang  dinamis.



                                           56
   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70   71