Page 66 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 66
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
Rekognisi terhadap status PT sebagai bagian dari sistem
pendidikan tinggi merupakan hasil dari upaya sinergis
kolaboratif antar stakeholders sepanjang sejarah PJJ (Generasi
1-5) yang melibatkan institusi dan otoritas pendidikan tinggi,
asosisasi PJJ, peneliti, praktisi, dan pelaku bisnis. Dengan
kata lain, eksistensi, fungsi, dan kontribusinya tidak lagi
bersifat marginal (peripheral) melainkan sudah berada di zona
mainstream. Perkembangan tersebut akan semakin meluas
meskipun terdapat tentantangan bagi institusi penyelenggara
PT seperti UT dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan
Komunikasi terbaru untuk memfasilitasi proses pembelajaran
sehingga menghasilkan para lulusan yang memiliki kompetensi
yang dibutuhkan dunia kerja (link-and-match).
Keberhasilan agenda PT ke depan untuk semakin memperluas
pengakuan sistem PTJJ oleh masyarakat luas juga tergantung
antara lain pada bagaimana terminologi PT, yaitu istilah-
istilah khusus bidang PT dengan semua bentuk derivasinya,
dapat semakin diperkenalkan kepada semua pemangku
kepentingan. Dengan demikian, melalui upaya yang terus-
menerus dari semua pihak, termasuk melalui tulisan kali
ini, diharapkan terminologi PT akan semakin dikenalkan dan
digunakan secara lebih luas oleh para pemangku kepentingan
dalam berbagai forum diseminasi dan dalam berbagai konteks
situasi komunikasi bidang PT.
Dilihat dari konstruksi terminologis, konsep Open Learning
lebih mendapatkan penekanan dibandingkan dengan istilah
Distance Learning; bahkan terlihat sebagai komponen
yang utama karena muncul lebih awal dalam struktur frasa
Open and Distance Learning. Penggabuangan keduanya
telah menghasilkan berbagai istilah bidang PTJJ yag terus
berkembang, berevolusi, dan adaptif terhadap perkembangan
zaman. Secara historis, sepanjang sejarahnya akan terus
diliputi dengan pembentukan istilah-istilah yang dinamis.
56