Page 67 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 67
1. Pendidikan Terbuka dan Modal Insani Indonesia
Para pemangku kepentingan bidang PTJJ dituntut responsif
terhadap perkembangan terminologi di bidang tersebut serta
familiar dalam penggunaannya.
Literatur bidang ilmu seperti PJJ tidaklah terlepas dari
konteksnya, termasuk tren perkembangan PTJJ di Indonesia
yang dipelopori oleh UT. Dewasa ini sudah semakin banyak
perguruan tinggi konvensional yang mulai mengadopsi open
learning sebagai sebuah filosofi pendidikan yang memberi
kebebasan kepada pembelajar untuk memilih sendiri media
pembelajaran, waktu dan tempat belajar, strategi belajar,
fasilitas bantuan belajar. Open access, disamping adanya
keterbatasan infrastruktur atau preferensi kebijakan PTN/PTS
konvensional, antara lain telah melahirkan berbagai program
online learning (virtual campus), di samping model blended
learning.
Salah satu tantangan ke depan adalah bahwa dunia PTJJ
akan terus berevolusi dari Generasi ke Generasi sesuai
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang
cenderung semakin cepat berubah. Sejalan dengan itu
pula, terminologi PTJJ bersifat dinamis yang juga sejalan
dengan perkembangan literatur PJJ yang menjadi sumber
pembentukan korpus dinamis PTJJ (dynamic corpus of ODL).
REFERENSI
Bates, A.W. (1995). Techology, Open Learning, Distance
Education. New York: Routledge.
Belawati, T. (1999). ‘Perkembangan Pemikiran tentang
Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh’. Dalam T. Belawati,
dkk (Eds) Pendidkan Terbuka dan Jarak Jauh, 30-44.
Jakarta Universitas Terbuka.
57