Page 72 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 72

2. Pendidikan Terbuka dan Keadilan Sosial




                             Prof. Daryono, Ph.D.







                    DIMENSI PENDIDIKAN
                         TINGGI TERBUKA








               PENDAHULUAN
               Pendidikan tinggi sering diklaim sebagai sebuah entitas yang
               tidak membumi sudah belangsung sejak lama, tidak hanya di
               Indonesia  namun  juga  di  berbagai  belahan  dunia.  Klaim  ini
               didasarkan pada berbagai realitas yang menjadi bagian dari
               pendidikan  tinggi  itu  sendiri  yang  membatasi  orang  untuk
               menjadi  bagian  dari  entitas  masyarakat  yang  elitis.  Tidak
               mengherankan apabila lulusan perguruan tinggi sering diklaim
               tidak sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat. Mereka yang
               masuk  dalam  entitas  perguruan  tinggi  adalah  orang  yang
               diseleksi sebagai “terpilih” baik dari aspek intektualnya dan
               khususnya  aspek  finansial.  Di  berbagai  daerah  bahkan  latar
               belakang  seseorangpun  juga  menjadi  pertimbangan  untuk
               dapat  belajar  di  perguruan  tinggi.  Kondisi  ini  diperparah
               dengan adanya kemajuan teknologi yang mempengaruhi dunia
               pendidikan.  Sehingga  saat  ini  ketimpangan  akses  terhadap
               pendidikan  tinggi  tidak  hanya  disebabkan  oleh  faktor  klasik
               yaitu sosial, ekonomi, politik dan budaya, namun juga faktor
               literasi teknologi.








                                           63
   67   68   69   70   71   72   73   74   75   76   77