Page 72 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 72
2. Pendidikan Terbuka dan Keadilan Sosial
Prof. Daryono, Ph.D.
DIMENSI PENDIDIKAN
TINGGI TERBUKA
PENDAHULUAN
Pendidikan tinggi sering diklaim sebagai sebuah entitas yang
tidak membumi sudah belangsung sejak lama, tidak hanya di
Indonesia namun juga di berbagai belahan dunia. Klaim ini
didasarkan pada berbagai realitas yang menjadi bagian dari
pendidikan tinggi itu sendiri yang membatasi orang untuk
menjadi bagian dari entitas masyarakat yang elitis. Tidak
mengherankan apabila lulusan perguruan tinggi sering diklaim
tidak sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat. Mereka yang
masuk dalam entitas perguruan tinggi adalah orang yang
diseleksi sebagai “terpilih” baik dari aspek intektualnya dan
khususnya aspek finansial. Di berbagai daerah bahkan latar
belakang seseorangpun juga menjadi pertimbangan untuk
dapat belajar di perguruan tinggi. Kondisi ini diperparah
dengan adanya kemajuan teknologi yang mempengaruhi dunia
pendidikan. Sehingga saat ini ketimpangan akses terhadap
pendidikan tinggi tidak hanya disebabkan oleh faktor klasik
yaitu sosial, ekonomi, politik dan budaya, namun juga faktor
literasi teknologi.
63