Page 73 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 73
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
Lahirnya pendidikan tinggi terbuka membuka sebuah asa untuk
mengeliminasi konsepsi pendidikan tinggi yang sudah mapan
dan berbagai ketimpangan tersebut dengan menghilangkan
berbagai rintangan akses seperti latar belakang seseorang,
waktu, biaya, letak geografis dan infrastruktur teknologi
(Belawati, 2014). Pendidikan tinggi terbuka yang memiliki
prinsip fleksibilitas, terjangkau dan aktual telah menjadi
pilihan bagi sebagian besar masyarakat. Khususnya dengan
terjadinya pandemi Covid-19, banyak diantara konsepsi
tentang perguruan tinggi tatap muka yang telah mapan
dipertanyakan. Konsepsi pendidikan tinggi terbuka dengan
berbagai fleksibilitasnya dan khususnya terkait dengan sistem
dan metode pembelajarannya banyak mendapatkan apresiasi
saat ini meskipun UT sudah didirikan lebih dari tiga dasawarsa
yang lalu. Disamping itu dengan diperkenalkannya kebijakan
kampus merdeka dan merdeka belajar, konsep pendidikan
tinggi terbuka menjadi sangat relevan dan menjadi aktual.
Sumber: https://unesco.ijs.si/project/open-education-for-a-better-world/
Namun demikian permasalahan keadilan dan kesetaraan
terus mendorong pembuat kebijakan untuk mengurangi
kesenjangan partisipasi antara yang kaya, kelas menengah dan
yang miskin juga antara populasi perdesaan dan perkotaan.
Demikian pula, permasalahan kualitas juga menyita perhatian
pemerintah baik pusat maupun daerah. Tantangan akses,
kesetaraan dan kualitas di satu sisi dan perkembangan dunia
64