Page 75 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 75
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
Perubahan ini tampaknya belum memenuhi target yang
ditetapkan oleh pemerintah sebesar 35% pada tahun 2019 .
2
Kenaikan ini dikarenakan salah satunya adalah kebijakan
pendidikan untuk mengalokasikan dua puluh persen dari
anggaran negara ke sektor pendidikan untuk peningkatkan
daya tampung perguruan tinggi.
Kebijakan progresif tersebut, bagaimanapun, belum
menyelesaikan permasalahan kualitas dan kesetaraan antara
Pulau Jawa di mana lembaga pendidikan tinggi berkualitas
tinggi berada dan diluari Pulau Jawa di mana terdapat
kelangkaan sumber daya pendidikan tinggi yang berkualitas.
Hal ini juga diperburuk oleh kondisi geografis di mana sumber
daya pendidikan tinggi tidak terdistribusi dengan baik.
Mengingat kondisi
geografis Indonesia yang
luas yang terdiri dari
lebih dari tujuh belas
ribu pulau, kesenjangan
sumber daya perguruan
tinggi dan kapasitas
sumber daya manusia
merupakan realitas yang
telah terjadi selama ini. Sebagian besar pendidikan tinggi
yang memiliki kualitas baik terletak di Jawa. Dengan demikian,
kualitas sumber daya manusia juga terpusat di Pulau Jawa.
Disisi lain, infrastruktur Internet telah berkembang pesat,
meliputi pulau-pulau besar di Indonesia dan bahkan di
berbagai daerah sampai di kecamatan. Diperkirakan dalam
lima tahun ke depan, jumlah akses internet meningkat pesat.
Ini juga didukung oleh Rencana Induk Indonesia tentang
Pengembangan Infrastruktur Internet untuk mempromosikan
2 Lihat https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/13/ meski-masih-ren-
dah-partisipasi-perguruan-tinggi-menunjukkan peningkatan APK
66