Page 80 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 80

2. Pendidikan Terbuka dan Keadilan Sosial


               Pendidikan  Terbuka  memiliki  berbagai  instrumen  penting
               yang dinaungi dalam sebuah kebijakan terbuka (open policy)
               antara lain meliputi Open Access, Open Data, Open Content,
               Open  License,  Open  Admission, dan  Open  Registration.  Hal
               ini  memungkinkan  ekosistem  pendidikan  terbuka  dapat
               berkerja secara lebih optimal meliputi dimensi sebagai berikut
               (Belawati, 2020).

               Open  Access  merupakan  prinsip  yang  mendasari  bahwa
               pendidikan merupakan milik publik atau public good (Belawati,
               2014a).  Berdasarkan  konsepsi  ini  pendidikan  tinggi  terbuka
               memiliki prinsip keterbukaan akses dengan tidak membatasi
               akses  masuk  ke  perguruan  tinggi.  Seseorang  tidak  dapat
               didiskriminasikan  untuk  mendapatkaan  layanan  perguruan
               tinggi  demikian  juga  sumber  pembelajaran  berdasarkan
               latar  belakang  mereka.  Open  access  tidak  hanya  terbatas
               pada  prasyarat  masuk  perguruan  tinggi  namun  lebih  jauh
               juga terhadap sumber sumber pembelajaran juga data hasil
               penelitian yang di hasilkan oleh perguruan tinggi.

               Akses  terbuka  atau  open  access  (OA)  terhadap  ilmu
               pengetahuan  yang  selaras  dengan  Open  Educational
                                                       Resources  (OER)
                                                       bertujuan  untuk
                                                       m e m be r ik a n
                                                       akses       tak
                                                       terbatas ke  hasil
                                                       penelitian  ilmiah
                                                       dan      materi
                                                       pembelajaran
               termasuk  yang  ada  pada  jurnal,  tesis,  monograf  ilmiah  dan
               buku teks. Open access pertama kali digagas oleh komunike
               bersama  para  pendidik  dan  peneliti    pada  tahun  2002
               melalui  Budapest  Open  Access  Initaitive    atau  BOAI  (www.
               budapestopenaccessinitiative.org/).



                                           71
   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85