Page 85 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 85

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 akan  pentingnya  dan  peran  pembelajaran  informal  belajar
                 melalui  berbagai  massive  open  online  courses  (MOOCs),
                 sehingga  pengakuan  kompetensi  meliputi  berbagai  jalur.
                 Sebagai contoh pengakuan terhadap aktivitas apa pun yang
                 melibatkan  mengajar  pemahaman,  pengetahuan,  atau
                 keterampilan  yang  terjadi  tanpa  kehadiran  kriteria  kurikuler
                 yang dipaksakan secara eksternal (Livingstone, 2006).

                 Pembelajaran  informal  dapat  dipicu  oleh  persyaratan  kerja
                 dan  melibatkan  dukungan  dan  motivasi  dari  orang  lain  dan
                 karena  itu  dapat  berguna  untuk  mengakomodasi  belajar
                 mandiri. Mandiri belajar secara sederhana dipahami sebagai
                 pembelajaran  yang  dilakukan  oleh  pembelajar  atau  pelajar
                 sendiri  baik  dengan  maupun  tanpa  kurikulum  yang  telah
                 ditentukan oleh instruktur (Livingstone, 2006). Sehingga salah
                 satu  komponen  kunci  Open  Pedagogy adalah  keberadaan
                 akses sumber sumber pembelajaran, secara luas, untuk proses
                 belajar dan mengajar, dan institusi menjamin dan memperluas
                 akses tersebut.

                 Konsumsi  pengetahuan  dan  penciptaan  pengetahuan
                 sebenarnya  bukanlah  proses  yang  terpisah  tetapi  paralel,
                 karena pengetahuan  dikoordinasikan, dikontekstualisasikan,
                 kumulatif,  berulang,  dan  rekursif.  Dengan  cara  ini,  Open
                 Pedagogy  juga  menaruh  perhatian  pada  bagaimana  kita
                 dapat  meningkatkan  akses  baik  formal  maupun  informal  ke
                 pendidikan tinggi demikian juga ke ilmu pengetahuan.

                 COMMUNITY OF PRACTICES:
                 MEMBUMIKAN PENDIDIKAN TINGGI
                 Ketidaksesuaian lulusan perguruan tinggi dengan masyarakat
                 dan  lingkungan  industri  bukan  merupakan  permasalahan
                 baru.  Keluhan  ini  sudah  berlangsung  lama  salah  satunya
                 disebabkan  oleh  pendidikan  tinggi  yang  selama  ini  lebih





                                           76
   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89   90