Page 86 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 86
2. Pendidikan Terbuka dan Keadilan Sosial
ekslusif dan elitis. Lulusan perguruan tinggi juga banyak yang
merasakan gagap pada saat terjun langsung di dalam dunia
kerja. Disisi lain cepatnya perubahan kebutuhan kompetensi
di masyarakat mengharuskan perguruan tinggi untuk menata
ulang pendekatan pedagoginya. Berbagai pendekatan
pedagogi dilakukan, salah satu yang sangat populer dilakukan
adalah pedagogi community of practices (COP).
Community of Practices (COP) pada dasarnya merupakan
prinsip pedagogi yang lebih menekankan pada asumsi dasar
bahwa pembelajaran bukan merupakan domain individu/
personal maupun sosial namun merupakan praktik dari
masyarakat atau community of practices (Wenger, 1998).
Etienne Wenger (1998) menyebutkan pembelajaran
merupakan interaksi konstruktif dari partisipasi seseorang
dalam masyarakat (community), cara dan metode seseorang
berpartisipasi (practices), memaknai apa yang dipelajari
(meaning) dan mengetahui perubahan yang teradi pada
seseorang (identity). Melalui COP pembelajar berpartisipasi
secara aktif dalam lingkungan eksternalnya.
Keempat komponen inilah yang menjadikan COP lebih
menekankan pada partisipasi dalam masyarakat. Wenger
(1998) meberikan ilustasi pembelajaran sebagai berikut.
Gambar 3. Wenger’s Components of a Social Theory of
learning
77