Page 86 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 86

2. Pendidikan Terbuka dan Keadilan Sosial


               ekslusif dan elitis. Lulusan perguruan tinggi juga banyak yang
               merasakan gagap pada saat terjun langsung di dalam dunia
               kerja. Disisi lain cepatnya perubahan kebutuhan kompetensi
               di masyarakat mengharuskan perguruan tinggi untuk menata
               ulang  pendekatan  pedagoginya.  Berbagai  pendekatan
               pedagogi dilakukan, salah satu yang sangat populer dilakukan
               adalah pedagogi community of practices (COP).

               Community  of  Practices  (COP)  pada  dasarnya  merupakan
               prinsip pedagogi yang lebih menekankan pada asumsi dasar
               bahwa  pembelajaran  bukan  merupakan  domain  individu/
               personal  maupun  sosial  namun  merupakan  praktik  dari
               masyarakat  atau  community  of  practices  (Wenger,  1998).
               Etienne   Wenger   (1998)   menyebutkan    pembelajaran
               merupakan  interaksi  konstruktif  dari  partisipasi  seseorang
               dalam masyarakat (community), cara dan metode seseorang
               berpartisipasi  (practices),  memaknai  apa  yang  dipelajari
               (meaning)  dan  mengetahui  perubahan  yang  teradi  pada
               seseorang  (identity).  Melalui  COP  pembelajar  berpartisipasi
               secara aktif dalam lingkungan eksternalnya.

               Keempat  komponen  inilah  yang  menjadikan  COP  lebih
               menekankan  pada  partisipasi  dalam  masyarakat.  Wenger
               (1998) meberikan ilustasi pembelajaran sebagai berikut.














                  Gambar 3. Wenger’s Components of a Social Theory of
                                       learning



                                           77
   81   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91