Page 83 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 83
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
Mempertimbangkan kondisi-kondisi ini UT telah dirancang
untuk menjadi fleksibel dan dapat dijangkau, dengan berfokus
pada melayani mahasiswa potensial yang, karena berbagai
kendala, termasuk kurangnya dana, tinggal di daerah terpencil
dan pedesaan dan bekerja, tidak memiliki kesempatan untuk
mengikuti pendidikan tinggi tatap muka secara langsung.
Ekosistem pendidikan terbuka secara konseptual mendorong
tumbuhnya belajar sepanjang hayat (lifelong learning) secara
inclusive yaitu tidak adanya pembatasan dalam bentuk
apapun. Hal ini sesuai dengan hak konstitusi dari masyarakat
yang ada di dalam UUD 1945. Sebagai hak konstiusi masyarakat
untuk mendapatkan pendidikan mewajibkan negara untuk
memenuhi hak tersebut. Konsepsi pendidikan terbuka
menjadikan tidak hanya relevan dalam konteks pengembangan
SDM berkelanjutan namun juga sebagai instrumental tool
untuk memenuhi hak konstitusi masyarakat (Daryono and
Sedyaningsih, 2017).
OPEN PEDAGOGY:
MIXED FORMAL DAN INFORMAL LEARNING
Banyak perguruan
tinggi saat ini berada
di persimpangan jalan
diantara mempertahankan
proses bisnisnya yang
telah dilakukan selama
ini dengan keharusan
untuk berubah secara
revolusioner tidak hanya
dari aspek sistem delivery
Sumber: https://thatpsychprof.com nya dengan adanya
teknologi namun juga pada aspek pedagoginya. Sebagai
perguruan tinggi terbuka, prinsip open pedagogy bukan
74