Page 83 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 83

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 Mempertimbangkan  kondisi-kondisi  ini  UT  telah  dirancang
                 untuk menjadi fleksibel dan dapat dijangkau, dengan berfokus
                 pada  melayani  mahasiswa  potensial  yang,  karena  berbagai
                 kendala, termasuk kurangnya dana, tinggal di daerah terpencil
                 dan pedesaan dan bekerja, tidak memiliki kesempatan untuk
                 mengikuti pendidikan tinggi tatap muka secara langsung.

                 Ekosistem pendidikan terbuka secara konseptual mendorong
                 tumbuhnya belajar sepanjang hayat (lifelong learning) secara
                 inclusive  yaitu  tidak  adanya  pembatasan  dalam  bentuk
                 apapun. Hal ini sesuai dengan hak konstitusi dari masyarakat
                 yang ada di dalam UUD 1945. Sebagai hak konstiusi masyarakat
                 untuk  mendapatkan  pendidikan  mewajibkan  negara  untuk
                 memenuhi  hak  tersebut.  Konsepsi  pendidikan  terbuka
                 menjadikan tidak hanya relevan dalam konteks pengembangan
                 SDM  berkelanjutan  namun  juga  sebagai  instrumental  tool
                 untuk  memenuhi  hak  konstitusi  masyarakat  (Daryono  and
                 Sedyaningsih, 2017).

                 OPEN PEDAGOGY:
                 MIXED FORMAL DAN INFORMAL LEARNING
                                                Banyak         perguruan
                                                tinggi  saat  ini  berada
                                                di   persimpangan   jalan
                                                diantara mempertahankan
                                                proses   bisnisnya   yang
                                                telah  dilakukan  selama
                                                ini  dengan    keharusan
                                                untuk   berubah   secara
                                                revolusioner  tidak  hanya
                                                dari  aspek  sistem  delivery
                    Sumber: https://thatpsychprof.com  nya   dengan   adanya
                 teknologi  namun  juga  pada  aspek  pedagoginya.  Sebagai
                 perguruan  tinggi  terbuka,  prinsip  open  pedagogy  bukan





                                           74
   78   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88