Page 87 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 87
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
Pembelajaran menjadi bermanfaat baik bagi mahasiswa
maupun masyarakat pada saat keempat komponen dapat
diwujudkan. COP ini sangat sesuai dengan pembelajran di era
digital yang memungkinkan mahasiwa dapat berpartisipasi
secara aktif baik dalam lingkungan digital maupun lingkungan
sosialnya.
PENUTUP
Pendidikan terbuka merupakan sebuah keniscayaan.
Pembatasan akses dan sistem delivery tatap muka yang
selama ini dilakukan perguruan tinggi disangsikan khususnya
pada saat pandemic Covid-19 dan setelahnya. Di era digital
saat ini batasan pendidikan formal dan informal menjadi
kabur, perguruan tinggi harus beradaptasi dengan perubahan
tersebut. Teknologi telah mendisrupsi pendidikan tinggi
khususnya melalui MOOCs.
Seiring dengan perubahan tersebut, prinsip pedagogi pada
perguruan tinggi juga harus disesuaikan. Dengan mengadopsi
open pedagogy menjadikan pendidikan tidak hanya bersifat
mono facet namun juga bersifat multi facet dan berpartisipas
aktif dalam perubahan masyarakat. It is not yet too late but it
is the best time to start.
Dalam kondisi saat ini dan kedepan pendidikan terbuka
dengan berbagai derivasinya yang diwadahi dalam Open
Policy memberikan fleksibilitas, aksesibilitas dan aktual yang
dapat menjadi barometer keberhasilan Indonesia untuk
mempersiapkan kebutuhan SDM yang cerdas, berintegritas
dan memiliki akhlak mulia guna menyogsong Indonesia
emas 2045. Pendidikan tinggi terbuka secara konseptual juga
merupakan ‘alat’ untuk mengimplementasikan amanat UUD
45 dan cita-cita menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh
rakyat Indonesia.
78