Page 58 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 58
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
Dewasa ini, implementasi PT semakin mendapat respons yang
sangat positif di berbagai belahan dunia, termasuk praktik
online learning, e-learning, web-based learning, Internet-
based learning dan sejenisnya yang semakin luas pada masa
pandemi Covid-19 di tanah air dimana working from home
(WfH), atau learning from home/learning at a distance menjadi
salah satu trend atau praktik pada Generasi k-5 PT.
Dalam perkembangan terminolgi PTJJ dari satu generasi ke
generasi berikutnya, kata kunci learning sebagai node (SW)
telah mengalami perluasan makna melalui penambahan
sejumlah adjektiva dan/atau nomina sebelum (Span: L1, L2,
L3, dst) dan sesudah (Span: R1, R2, R3, dst) kata kunci tersebut
dalam berbagai konstruksi kalimat sehingga membentuk
sanding kata atau pola-pola kolokasi (collocational pattern)
8
yang menjadi unsur-unsur pembentukan terminologi PT.
Fenomena kebahasaan ini tergambar pada Tabel 2 yang
diekstrak dari korpus literatur PTJJ.
Kombinasi kata kunci (node) dengan sejumlah adjektiva dan
nomina pada Tabel 2 membentuk terminologi (kumpulan
istilah-istilah khusus) bidang PT, terutama yang mencerminkan
tren Generasi ke-5 yang ditandai dengan penggunaan frasa
distance learning, online learning, open learning, learning
tool, learning application, learning platform dsb yang secara
dominan mencerminkan dimensi open pedagogy, sarana
teknologi dan jenis pembelajaran yang menjadi ciri khas
Generasi ke-5 PJJ.
8 “Collocation is the way words combine in a language to produce natural-sounding
speech and writing.” “Combination of words in a language can be ranged on a
cline from totally free ─ see a man/car/book to the totally fixed and idiomatic
─not see the wood for the trees” (Oxford Collocations Dictionary for Students of
English).
48