Page 54 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 54

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 Salah satu aspek yang membedakan antara kelima generasi PJJ
                 tersebut, dari perspektif ilmu Linguistik, adalah penggunaan
                 terminologi  yang  khas  pada  setiap  generasi.  Fenomena
                 kebahasaan  yang  digunakan  pada  jamannya  mencerminkan
                 tren teoretis, pedagogis (termasuk desain instruksional), dan
                 manajemen PJJ (termasuk tata kelola pemanfaatan teknologi).

                 Bagi  masyarakat  umum,  bahkan  di  kalangan  komunitas
                 PTJJ  di  Indonesia  sekali  pun,  penggunaan  terminologi  yang
                 dimaksud  belum  tersosialisasikan  secara  luas.  Sebagai
                 pengguna (target user) dalam berbagai peristiwa komunikasi,
                 penggunaan istilah-istilah khusus (terminologi) dalam bidang
                 PTJJ,  terutama  ketika  kita  sekarang  berada  pada  Generasi
                 ke-5  PJJ  yang  penuh  dengan  jargon-jaron  PTJJ,  perlu  secara
                 terus-menerus  diperkenalkan  kepada  para  stakeholders PT
                 di  Indonesia  (institusi/otoritas,  praktisi,  sivitas  akademika,
                 masyarakat  umum).  Dengan  demikian,  diharapkan  PT  tidak
                 hanya  diterima  dari  sisi  kebijakan  pendidikan  nasional
                 sebagai  bagian  dari  sistem  pendidikan  tinggi  di  Indonesia
                 melainkan juga pada tataran “akar rumput” yang tercermin
                 dari penggunaan terminologi PTJJ yang semakin luas oleh para
                 pemangku kepentingan.



















                                Gambar 3. Lima Generasi PJJ





                                           44
   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59