Page 54 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 54
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
Salah satu aspek yang membedakan antara kelima generasi PJJ
tersebut, dari perspektif ilmu Linguistik, adalah penggunaan
terminologi yang khas pada setiap generasi. Fenomena
kebahasaan yang digunakan pada jamannya mencerminkan
tren teoretis, pedagogis (termasuk desain instruksional), dan
manajemen PJJ (termasuk tata kelola pemanfaatan teknologi).
Bagi masyarakat umum, bahkan di kalangan komunitas
PTJJ di Indonesia sekali pun, penggunaan terminologi yang
dimaksud belum tersosialisasikan secara luas. Sebagai
pengguna (target user) dalam berbagai peristiwa komunikasi,
penggunaan istilah-istilah khusus (terminologi) dalam bidang
PTJJ, terutama ketika kita sekarang berada pada Generasi
ke-5 PJJ yang penuh dengan jargon-jaron PTJJ, perlu secara
terus-menerus diperkenalkan kepada para stakeholders PT
di Indonesia (institusi/otoritas, praktisi, sivitas akademika,
masyarakat umum). Dengan demikian, diharapkan PT tidak
hanya diterima dari sisi kebijakan pendidikan nasional
sebagai bagian dari sistem pendidikan tinggi di Indonesia
melainkan juga pada tataran “akar rumput” yang tercermin
dari penggunaan terminologi PTJJ yang semakin luas oleh para
pemangku kepentingan.
Gambar 3. Lima Generasi PJJ
44