Page 55 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 55
1. Pendidikan Terbuka dan Modal Insani Indonesia
Pada bagian selanjutnya (lihat bagian 1-5 dari tulisan ini),
pembahasan difokuskan pada penggunaan terminologi PTJJ
lintas generasi. Dengan menerapkan pendekatan korpus ,
5
sejumlah data empiris terkait kata-kata kunci dalam korpus
PTJJ berupa pola-pola bahasa (language pattern) dalam setiap
Generasi PJJ akan dianalisis dari sisi historis-etimologis PT.
PENERAPAN PENDEKATAN KORPUS DALAM PTJJ
Pendekatan korpus lazim digunakan dalam riset bidang Korpus
Linguistik. Sebuah perangkat lunak komputer (WordSmith
Tools 7.0) digunakan untuk mengidentifikasi kata-kata kunci
berdasarkan frekuensi kemunculannya dalam korpus bidang
PTJJ dengan memanfaatkan British National Corpus (BNC)
sebagai korpus pembanding (referent corpus). Berdasarkan
kata-kata kunci tersebut (terutama nomina) sebagai Search
Word (SW) kemudian dijaring sejumlah pola-pola bahasa
(patterns) dalam korpus bidang PTJJ (Key Words in Context/
KWIC).
Secara metodologis, dua set Wordlist diproses, yaitu (a)
Wordlist pertama yang diekstrak dari korpus PTJJ sebagai
study corpus yang berjumlah sekitar 5 juta kata (token/running
word) (tepatnya 5.268.464 kata) yang bersumber dari berbagai
literatur PTJJ berbahasa Inggris; (b) Wordlist kedua yang
diekstrak dari British National Corpus (BNC) sebagai referent
corpus yang berjumlah sekitar 25 juta (tepatnya 25.987.870
kata) kata. Perbandingan ini mengikuti rasio 1:5 sesuai
petunjuk teknis software tersebut yang juga diterapkan dalam
berbagai riset bidang Korpus Linguistik. Tabel 1 menyajikan
sejumlah kata kunci yang sering digunakan dalam konteks
komunikasi di bidang PTJJ.
5 Pendekatan korpus (corpus-based approach) merupakan sebuah pendekatan
dalam penelitian kebahasaan menggunakan electronic database (corpus/corpora),
yaitu kompulan teks dalam jumlah yang sangat besar yang bersumber dari berb-
agai literatur bidang terkait yang diproses dengan menggunakan sebuah perangkat
lunak (software) Korpus Linguistik (Oakes, 1998; Scott, 2001; Stubbs, 2001; Tognini-
Bonelli, 2000b/2001).
45