Page 49 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 49

1. Pendidikan Terbuka dan Modal Insani Indonesia


               or subject matter”. Dalam konteks PT, melalui tulisan ini dikaji
               kata-kata kunci berbasis korpus/database teks PTJJ berbahasa
               Inggris  dan  berbahasa  Indonesia  yang  menjadi  ciri  khas
               literatur PTJJ (lihat bagian 3 tulisan ini).

               Seperti halnya kata-kata kunci dalam berbagai disiplin  ilmu,
               kata-kata  kunci  dalam  bidang  PT  biasanya  muncul  dalam
               konteks spesifik. Bahkan, dengan menggunakan pendekatan
               korpus (corpus-based approach), kemunculan kata-kata kunci
               PT lintas generasi yang seringkali dalam pola bahasa (language
               patterns) juga dapat diekstrak (lihat Tabel 2). Dengan demikian,
               akan dapat diidentifikasi pola-pola bahasa berbasis kata kunci
               dalam  literatur/korpus/database  teks  PT  serta  maknanya
               dalam konteks tertentu (lihat bagian 3).

               Bahkan,  realisasi  pola-pola  bahasa  dalam  literatur  PT  dapat
               ditelusuri sampai pada tahap generasi PT tertentu yang ditanda
               dengan penggunaan sejumlah kata kunci, istilah-istilah khusus
               PTJJ yang muncul secara reguler atau sistemik dalam berbagai
               konstruksi bahasa, pada tataran frasa berupa kombinasi kata-
               kata kunci dengan kata-kata tertentu (semi/fixed expessions),
               klausa hingga tataran kalimat yang dapat memberikan makna
               kontekstual  yang  lebih  luas  terhadap  penggunaan  istilah-
               istilah khusus PTJJ (lihat bagian 3).


               Konsep  dan  praktik  PT  di  berbagai  negara  dan  institusi
               pendidikan tinggi sering kali diasosiasikan dengan dua konsep
               lainnya,  yaitu  PTJJ  dan  PJJ  sebagai  bidang  interdisipliner
               dimana teknologi berperan sebagai katalis dan keduanya telah
               menjadi elemen dalam mainstream pendidikan. Dengan kata
               lain, pada bagian berikut, pembahasan tentang aspek historis
               PT  secara  praktis  juga  mengacu  pada  berbagai  moda  yang
               digunakan dalam sistem PJJ.







                                           39
   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54