Page 49 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 49
1. Pendidikan Terbuka dan Modal Insani Indonesia
or subject matter”. Dalam konteks PT, melalui tulisan ini dikaji
kata-kata kunci berbasis korpus/database teks PTJJ berbahasa
Inggris dan berbahasa Indonesia yang menjadi ciri khas
literatur PTJJ (lihat bagian 3 tulisan ini).
Seperti halnya kata-kata kunci dalam berbagai disiplin ilmu,
kata-kata kunci dalam bidang PT biasanya muncul dalam
konteks spesifik. Bahkan, dengan menggunakan pendekatan
korpus (corpus-based approach), kemunculan kata-kata kunci
PT lintas generasi yang seringkali dalam pola bahasa (language
patterns) juga dapat diekstrak (lihat Tabel 2). Dengan demikian,
akan dapat diidentifikasi pola-pola bahasa berbasis kata kunci
dalam literatur/korpus/database teks PT serta maknanya
dalam konteks tertentu (lihat bagian 3).
Bahkan, realisasi pola-pola bahasa dalam literatur PT dapat
ditelusuri sampai pada tahap generasi PT tertentu yang ditanda
dengan penggunaan sejumlah kata kunci, istilah-istilah khusus
PTJJ yang muncul secara reguler atau sistemik dalam berbagai
konstruksi bahasa, pada tataran frasa berupa kombinasi kata-
kata kunci dengan kata-kata tertentu (semi/fixed expessions),
klausa hingga tataran kalimat yang dapat memberikan makna
kontekstual yang lebih luas terhadap penggunaan istilah-
istilah khusus PTJJ (lihat bagian 3).
Konsep dan praktik PT di berbagai negara dan institusi
pendidikan tinggi sering kali diasosiasikan dengan dua konsep
lainnya, yaitu PTJJ dan PJJ sebagai bidang interdisipliner
dimana teknologi berperan sebagai katalis dan keduanya telah
menjadi elemen dalam mainstream pendidikan. Dengan kata
lain, pada bagian berikut, pembahasan tentang aspek historis
PT secara praktis juga mengacu pada berbagai moda yang
digunakan dalam sistem PJJ.
39