Page 248 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 248

6. Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan Terbuka


               Pendekatan  kurikulum  terbuka  merupakan  paradigma
               kurikulum  yang  berbeda,  yang  tidak  selalu  dipahami
               dan  diterima  oleh  perguruan  tinggi  konvensional,  yang
               berpendapat bahwa perlu ada struktur kurikulum yang jelas
               bagi  pendidikan  mahasiswa.    Struktur  kurikulum  biasanya
               terdiri  dari  core  curriculum,  merupakan  pengelompokan
               matakuliah  sebagai  matakuliah  inti,  dan  matakuliah  elektif
               yang  masih  dalam  lingkup  atau  berkaitan  dengan  program
               studi/bidang  ilmu.  Mahasiswa  harus  mengambil  matakuliah
               inti yang ditetapkan fakultas, dan mungkin beberapa elektif
               yang  disediakan  untuk  suatu  konsentrasi.  Mahasiswa  tidak
               bebas mengambil matakuliah di luar bidang studinya meskipun
               secara pribadi mempunyai minat dan menganggap perlu untuk
               mempelajarinya.

               Perguruan tinggi yang menggunakan Open curriculum cukup
               banyak ditemukan. Di Amerika Serikat misalnya, 30 perguruan
               tinggi sudah menerapkan kurikulum terbuka, seperti Amherst
               College, Vassar, Grinnel College, dan Hamilton College (Open
               curriculum Colleges, 2020). Brown University, salah satu Ivy
               League university di Amerika Serikat yang juga major research
               university,  telah  melaksanakan  open  curriculum  selama  50
               tahun.  Perguruan  tinggi  ini  meskipun  mempunyai  program
               S2  dan  S3  yang  dianggap  mumpuni,  tetapi  justru  memberi
               perhatian lebih kepada program sarjana (Wicaksono, 2012).
               Di benua Eropa, West Kent College di Inggris dan Maastricht
               University  di  Belanda  telah  menggunakan  open  curriculum
               dengan menawarkan 150 matakuliah (courses).

               Akhir-akhir ini open curriculum kembali mendapat perhatian
               dunia  pendidikan,  dibahas  dalam  berbagai  forum  sebagai
               “curriculum  of  the  21  century.”  Bab  ini  akan  membahas
               landasan  filsafat  open  curriculum  dan  karakteristiknya,
               serta  membahas  kemungkinannya  untuk  diterapkan  dalam
               pendidikan di Indonesia.



                                          245
   243   244   245   246   247   248   249   250   251   252   253