Page 243 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 243
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
Pembelajaran personal mempunyai potensi untuk
mengembangkan pribadi mahasiswa dengan efektif dan
optimal, tetapi perlu dilakukan dengan pertimbangan
cermat, khususnya dalam menentukan strategi skenario
dan elemen pembelajaran. Perlu dilakukan eksperimen
dalam lingkup mikro untuk menakar keefektifan dan
validitas skenario pembelajaran personal yang dilakukan,
dan upaya ini perlu dilakukan secara berkesinambungan,
sehingga semakin banyak bukti (evidence) yang diperoleh
untuk memberlakukannya secara lebih luas.
PENUTUP
Kemungkinan bahwa pendidikan akan menapaki paradigma
baru yang dipicu oleh pengerahan penggunaan teknologi
untuk pendidikan adalah keniscayaan yang tidak terbantahkan.
Khususnya karena pandemik Covid 19 saat ini. Dalam
masyarakat dapat saja timbul keraguan bahkan resistensi
terhadap paradigma pendidikan terbuka yang intensif
menggunakan TIK. Hal ini dapat dipahami, karena perubahan
selalu mensyaratkan pemahaman dan pembiasaan terhadap
pola pikir dan perilaku baru. Tetapi sebagaimana dungkapkan
oleh Rahm Emanuel, “Never let a serious crisis go to waste.
It’s an opportunity to do things you think you could not do
before,” intinya, jangan biarkan krisis yang terjadi sia-sia tanpa
perubahan, krisis merupakan kesempatan untuk melakukan
hal-hal yang sebelumnya tidak terpikir dapat dikerjakan. Krisis
dengan segala implikasinya membuka arah pendidikan yang
baru, dan terlalu mahal biaya yang telah dibayar bila tanpa
diikuti persepsi dan semangat baru untuk terus berinovasi.
240