Page 246 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 246
6. Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan Terbuka
Prof. Suciati, Ph.D.
TREN MENUJU
KURIKULUM TERBUKA
PENDAHULUAN
Pembahasan tentang pedagogi terbuka (open pedagogy) sering
dihubungkan dengan kurikulum terbuka (open curriculum).
Memang tidak otomatis berarti kurikulum terbuka merupakan
konsekuensi pedagogi terbuka, karena pedagogi terbuka dapat
saja dalam kerangka kurikulum standar yang selama ini dikenal
dalam dunia pendidikan. Tetapi kurikulum terbuka dapat
menjadi alternatif logis dengan mempertimbangkan potensi
dan kebermanfaatannya bagi upaya menghasilkan lulusan
dengan tingkat kesiapan tinggi pada abad 21. Pendididikan
bergerak dinamis mencari bentuk baru untuk memenuhi
misi dan fungsinya mengembangkan manusia seutuhnya,
dan pendidikan tinggi dituntut untuk mewujudkan ekuitas
pendidikan berkualitas bagi siapa saja, mengembangkan
kemandirian dan kemampuan personal dan sosial mahasiswa
supaya efektif berperan pada jamannya.
Dalam mempersiapkan mahasiswa untuk profesinya kelak,
kurikulum tradisional yang berlaku dapat menghambat career
pathway calon lulusan, karena mengadopsi pendekatan
‘satu ukuran untuk semua’ one size fits all. Di samping itu
243