Page 246 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 246

6. Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan Terbuka




                               Prof. Suciati, Ph.D.







                           TREN MENUJU
                    KURIKULUM TERBUKA








               PENDAHULUAN
               Pembahasan tentang pedagogi terbuka (open pedagogy) sering
               dihubungkan  dengan  kurikulum  terbuka  (open  curriculum).
               Memang tidak otomatis berarti kurikulum terbuka merupakan
               konsekuensi pedagogi terbuka, karena pedagogi terbuka dapat
               saja dalam kerangka kurikulum standar yang selama ini dikenal
               dalam  dunia  pendidikan.  Tetapi  kurikulum  terbuka  dapat
               menjadi alternatif logis dengan mempertimbangkan potensi
               dan  kebermanfaatannya  bagi  upaya  menghasilkan  lulusan
               dengan tingkat kesiapan tinggi pada abad 21.  Pendididikan
               bergerak  dinamis  mencari  bentuk  baru  untuk  memenuhi
               misi  dan  fungsinya  mengembangkan  manusia  seutuhnya,
               dan  pendidikan  tinggi  dituntut  untuk  mewujudkan  ekuitas
               pendidikan  berkualitas  bagi  siapa  saja,  mengembangkan
               kemandirian dan kemampuan personal dan sosial mahasiswa
               supaya efektif berperan pada jamannya.

               Dalam  mempersiapkan  mahasiswa  untuk  profesinya  kelak,
               kurikulum tradisional yang berlaku dapat menghambat career
               pathway  calon  lulusan,  karena  mengadopsi  pendekatan
               ‘satu  ukuran  untuk  semua’  one  size  fits  all.  Di  samping  itu





                                          243
   241   242   243   244   245   246   247   248   249   250   251