Page 242 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 242

6. Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan Terbuka


               •  Privasi Dan Keamanan Data
                   Penerapan  personalized  learning  dengan  menggunakan
                   instrument  teknologi  memungkinkan  pengumpulan
                   data  pribadi  dan  keaktifan  mahasiswa  ke  dalam  sistem
                   informasi organisasi. Dalam organisasi pendidikan dengan
                   jumlah mahasiswa yang banyak akan terjadi pengumpulan
                   data  yang  masif,  mencakup  data  pribadi,  email,  nomor
                   handphone,  alamat  ip  computer  yang  digunakan,
                   keaktifan, pendapat pribadi yang diunggah dalam diskusi,
                   dsb. Data yang tersimpan dalam sistem tersebut dapat saja
                   digunakan  untuk  tujuan  yang  tidak  selayaknya,  bahkan
                   dibocorkan ke  pihak  lain,  atau diserang  hacker untuk
                   keuntungan pribadi. Terlebih lagi data yang disimpan dalam
                   “gudang data” bukan server milik institusi, tetapi dalam
                   jaringan  perusahaan  internasional,  seperti  Microsoft,
                   google, Facebook, Zooms, WhatsApp dsb., mengandung
                   resiko pembajakan data dan penyalahgunaan, meskipun
                   mereka juga tidak akan tinggal diam bila terjadi kebocoran
                   data,  mengingat  hal  ini    akan  menurunkan  kredibilitas
                   perusahaan, bahkan konsekuensi finansial.

                   Akibat lain yang dipermasalahkan oleh publik sehubungan
                   dengan penggunaan teknologi dalam pendidikan, adalah
                   frekuensi  dan  intensitas  mahasiswa  berada  di  depan
                   layar  computer  yang  dikuatirkan  membawa  dampak
                   buruk. Mahasiswa juga akan lebih banyak bekerja sendiri,
                   terlepas  dari  interaksi  dan  komunikasi  langsung  dengan
                   orang  lain.  Akibat  jangka  panjang  perilaku  ini  belum
                   diketahui  dengan  pasti,  oleh  sebab  itu  perlu  dicermati
                   melalui  observasi  dan  penelitian  yang  sistematis.    Yang
                   paling  dikuatirkan  beberapa  pendidik    adalah  bahwa
                   teknologi dan perusahaan pengembang teknologi dalam
                   pendidikan akan mempunyai pengaruh besar pada praktek
                   pendidikan dalam masyarakat, tetapi terlepas dari prinsip-
                   prinsip pendidikan yang baik dan teruji.



                                          239
   237   238   239   240   241   242   243   244   245   246   247