Page 237 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 237

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                    mengusahakan mutu portofolio ini. Tidak dapat dipungkiri
                    bahwa untuk pendidikan di  Indonesia,  sangat sedikit
                    konten pendidikan dalam bahasa Indonesia yang tersedia.
                    Di YouTube misalnya, banyak ditemukan konten berbahasa
                    Indonesia buatan youtubers, berisi hiburan, how-to, dsb.,
                    tetapi konten hasil produksi mahasiswa maupun dosen dan
                    dosen, jumlahnya masih  sedikit.  Menarik untuk melihat
                    perkembangan konten yang dibuat pendidik dan peserta
                    didik  di  sosial  media,  untuk  mendukung  pembelajaran
                    digital.


                    Hegarty  (2015)  menjelaskan  ciri  lain  open  pedagogy, di
                    antaranya adalah (1) penggunaan teknologi untuk berbagi
                    informasi  dalam  bentuk  media/forum  yang  dibentuk
                    sebagai suatu komunitas sosial, seperti facebook, whatsup,
                    linkedin, atau melalui LMS seperti Moddle. Komunitas ini
                    membentuk komunitas maya yang lebih luas dan saling
                    terhubung  (connected);  (2)  komunitas  yang  terhubung
                    melalui  teknologi  ini  memiliki  rasa  saling  percaya  dan
                    keterbukaan, kesediaan untuk mengemukakan pendapat
                    tanpa  kekuatiran  untuk  mendapat  kritik;  (3)  komunitas
                    ini kreatif mengeksplorasi inovasi dalam berbagai bidang
                    termasuk  pendidikan,  berupa  model,  sumber  belajar,
                    evaluasi  belajar;  serta  (4)  sesuai  dengan  perspektif
                    pendidikan  yang  berpusat  pada  mahasiswa,    memberi
                    peluang  peserta  didik  untuk  mengatasi  masalah  sendiri
                    serta  menghasilkan  pengetahuan  atau  bentuk  produktif
                    lainnya yang berguna bagi masyarakat.















                                          234
   232   233   234   235   236   237   238   239   240   241   242