Page 233 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 233
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
pengetahuan tersebut. Sedangkan pedagogi berbasis
kompetensi menitikberatkan pada apa yang dapat
dilakukan seseorang ketika menguasai suatu ilmu.
Kompetensi merupakan capaian belajar yang integratif,
mencakup kognitif, ketrampilan (skill), dan sikap (afektif)
yang juga melibatkan tata nilai (values). Perspektif pedagogi
berbasis kompetensi ini juga akan terlihat dari fokus hasil
belajar pada evidence (bukti nyata), berupa misalnya
prototipa produk, atau portofolio yang menggambarkan
proses dan tahapan hasil, dihasilkan sebagai hasil kerja
individual atau kelompok.
• Pedagogi berbasis ICT
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
yang pesat telah mengguncang dan mengubah proses
pembelajaran menjadi digital, virtual, networked dan
mobile. Meskipun pembelajaran konvensional masih
tetap berlangsung dalam sistem pendidikan di berbagai
dunia, tetapi pada saat yang sama terjadi a shift of
paradigm (pergeseran paradigma) ke arah cara pandang
dan cara kerja baru. Penggunaan teknologi informasi
dalam pembelajaran mempunyai dua jenis pengaruh,
bersifat sustaining, dalam arti meningkatkan efektivitas
sistem yang sudah ada, tetapi juga bersifat disruptive,
merombak sistem yang sudah ada (Christensen, 2013).
Penggunaan teknologi dalam pendidikan akan membuat
perubahan pada komponen-komponen tertentu, di
antaranya: penggunaan teknologi untuk mentransformasi
metode dan tingkat interaktivitas dalam pembelajaran,
mendefinisi ulang struktur dan tampilan substansi,
termasuk penggunaan media dalam pembelajaran,
pola komunikasi mahasiswa dengan dosen dan antara
mahasiswa dengan mahasiswa lain, serta struktur
pembiayaan dan mekanisme kerja institusi (Pavlik, 2015).
230