Page 228 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 228
6. Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan Terbuka
jarak jauh oleh masyarakat sebagai arus utama (mainstream)
pendidikan, para praktisi sering membahas tentang pedagogi
terbuka (open pedagogy) sebagai alternatif praktek pendidikan
untuk mempersiapkan generasi masa depan. Pendekatan ini
juga dinilai relevan untuk mengakomodasi kebutuhan re-skill
dan skill-up generasi masa kini supaya kapanpun diperlukan
akan memiliki kemampuan yang relevan dengan jamannya.
Bab ini akan membahas tentang pergeseran dan perubahan
paradigma pedagogi, mulai dari pedagogi berlandaskan teori
klasik sampai dengan pedagogi terbuka (open pedagogy),
serta bagaimana relevansi dan terapannya dalam pendidikan
di Indonesia. Kajian dilandasi dengan tata pikir teknologi
pendidikan yang merupakan bidang ilmu utama dalam
pengembangan dan penyelengaraan pendidikan/pelatihan.
PARADIGMA PEDAGOGI DARI MASA KE MASA
Sebelum lebih jauh membahas topik ini, perlu terlebih dulu
dipahami istilah paradigma dan pedagogi yang digunakan
dalam uraian ini. Paradigma dimaknai sebagai suatu perspektif
atau cara pandang tertentu berlandaskan pada teori atau
prinsip-prinsip yang diyakini. Secara teoretik, Turkan (2016)
menjelaskan paradigma sebagai disiplin ilmiah atau orientasi
teoretis berlandaskan epistemologi dan metodologi tertentu,
yang muncul atau berkembang dari hasil refleksi komunitas
ilmiah terhadap paradigma sebelumnya. Disiplin ilmiah ini
dijelaskan lebih lanjut oleh Thomas Kuhn (1970) mencakup
teori, aplikasi dan instrumentasi yang secara integratif
menghasilkan model atau tradisi tertentu dalam penelitian
dan praktek ilmiah, termasuk pendidikan. Paradigma tidak
bersifat kekal atau stagnan tetapi berkembang dan berubah
sesuai jamannya mengikuti perubahan masyarakat.
225