Page 226 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 226
6. Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan Terbuka
Prof. Suciati, Ph.D.
PARADIGMA PENDIDIKAN
TINGGI MENUJU
PEDAGOGI TERBUKA
PENDAHULUAN
Kebetulan saja bahwa ketika bab ini ditulis, dunia pendidikan
sedang mengalami gonjang-ganjing yang dipicu pandemi
Corona. Pembelajaran tatap muka mempunyai resiko
penularan penyakit sehingga dalam waktu sesingkat-
singkatnya harus dilakukan dalam sistem jarak jauh. Dosen,
dosen dengan cepat harus mentransformasikan program
kuliah dan pembelajaran kedalam bentuk online yang dapat
diakses menggunakan gadget tertentu dilengkapi pertemuan
tatap muka menggunakan aplikasi konferensi video melalui
internet, seperti Teams, Google Meets, dan Zoom.
Kondisi ini menjadi pemicu disrupsi paradigma pendidikan
tradisional, dan membawa dampak pengaruh long-lasting
pada praktek pendidikan, mengakibatkan perlunya tatanan
baru (new normal) dengan tantangan dan peluang yang akan
hadir dalam cakrawala pendidikan pasca Covid 19. Mungkin
suatu kebetulan atau keberuntungan bahwa pada saat kontak
fisik antar manusia harus dibatasi, bahkan dihindari, teknologi
informasi dan komunikasi luas tersedia dan dapat digunakan
223