Page 226 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 226

6. Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan Terbuka




                               Prof. Suciati, Ph.D.







                PARADIGMA PENDIDIKAN
                         TINGGI MENUJU

                     PEDAGOGI TERBUKA








               PENDAHULUAN
               Kebetulan saja bahwa ketika bab ini ditulis, dunia pendidikan
               sedang  mengalami  gonjang-ganjing  yang  dipicu  pandemi
               Corona.  Pembelajaran  tatap  muka  mempunyai  resiko
               penularan  penyakit  sehingga  dalam  waktu  sesingkat-
               singkatnya  harus  dilakukan  dalam  sistem jarak jauh.  Dosen,
               dosen  dengan  cepat  harus  mentransformasikan  program
               kuliah dan pembelajaran kedalam bentuk online yang dapat
               diakses menggunakan gadget tertentu dilengkapi pertemuan
               tatap  muka  menggunakan  aplikasi  konferensi  video  melalui
               internet, seperti Teams, Google Meets, dan Zoom.


               Kondisi  ini  menjadi  pemicu  disrupsi  paradigma  pendidikan
               tradisional,  dan  membawa  dampak  pengaruh  long-lasting
               pada  praktek  pendidikan,  mengakibatkan  perlunya  tatanan
               baru (new normal) dengan  tantangan dan peluang yang akan
               hadir dalam cakrawala pendidikan pasca Covid 19. Mungkin
               suatu kebetulan atau keberuntungan bahwa pada saat kontak
               fisik antar manusia harus dibatasi, bahkan dihindari, teknologi
               informasi dan komunikasi luas tersedia dan dapat digunakan




                                          223
   221   222   223   224   225   226   227   228   229   230   231