Page 227 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 227

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 menggunakan berbagai gadget dan aplikasi untuk komunikasi
                 dan bersosialisasi.


                 Sejatinya perpindahan mendadak ke penggunaan TIK secara
                 intensif  untuk  pendidikan  bukan  semata-mata  dipicu  oleh
                 pandemi Corona, meskipun tidak terbantahkan bahwa kondisi
                 karena Corona menjadi daya pendorong luar biasa perubahan
                 lanskap  pendidikan,  yang  dengan  tergesa-gesa  dan  masif
                 beralih menjadi pendidikan jarak jauh, remote learning, remote
                 teaching  dan  sejenisnya.  Dunia  pendidikan  secara  dinamis
                 selalu bergerak dan berkembang sesuai kondisi dan tuntutan
                 jaman, dapat berupa perubahan tahap bertahap (inkrimental)
                 ataupun  drastis  transformatif.    Pemicu  perubahan  berasal
                 dari bermacam sumber. Sebagaimana dapat diamati saat ini,
                 perubahan  pola  ekonomi  yang  disebabkan  pergeseran  dari
                 masyarakat agraris (tradisional) menjadi masyarakat informasi
                 berimbas  pada  berbagai  sektor  kehidupan  seperti  industri,
                 bisnis,  dan  kesehatan.  Dunia  pendidikan  juga  tidak  luput
                 dari  perubahan  yang  harus  diperhitungkan  dalam  praktek
                 pendidikan agar tidak terjebak pada pendekatan usang yang
                 tidak  lagi  relevan  lagi  dengan  kebutuhan  masyarakat  dan
                 perkembangan jaman.

                 Dalam mengantisipasi dan mempersiapkan generasi ‘Indonesia
                 Emas  2045” pendidik perlu berpikir ulang mencari pendekatan
                 pedagogis yang mampu membangun kapasitas dan karakter
                 generasi  emas  tersebut.    Keberhasilan  untuk  mewujudkan
                 kapital insasi Indonesia emas yang kompeten, berakhlak, dan
                 mampu berkiprah pada jamannya dipertaruhkan pada sistem
                 pendidikan dan pendekatan pedagogi yang saat ini dilakukan.
                 Dunia  pendidikan  telah  melalui  beberapa  paradigma
                 pendidikan,  masing-masing  dengan  seperangkat  perspektif
                 pedagogis  dan  pendekatan  yang  dianut  sebagai  norma.
                 Dewasa  ini  seiring  dengan  diterimanya  sistem  pendidikan





                                          224
   222   223   224   225   226   227   228   229   230   231   232