Page 227 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 227
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
menggunakan berbagai gadget dan aplikasi untuk komunikasi
dan bersosialisasi.
Sejatinya perpindahan mendadak ke penggunaan TIK secara
intensif untuk pendidikan bukan semata-mata dipicu oleh
pandemi Corona, meskipun tidak terbantahkan bahwa kondisi
karena Corona menjadi daya pendorong luar biasa perubahan
lanskap pendidikan, yang dengan tergesa-gesa dan masif
beralih menjadi pendidikan jarak jauh, remote learning, remote
teaching dan sejenisnya. Dunia pendidikan secara dinamis
selalu bergerak dan berkembang sesuai kondisi dan tuntutan
jaman, dapat berupa perubahan tahap bertahap (inkrimental)
ataupun drastis transformatif. Pemicu perubahan berasal
dari bermacam sumber. Sebagaimana dapat diamati saat ini,
perubahan pola ekonomi yang disebabkan pergeseran dari
masyarakat agraris (tradisional) menjadi masyarakat informasi
berimbas pada berbagai sektor kehidupan seperti industri,
bisnis, dan kesehatan. Dunia pendidikan juga tidak luput
dari perubahan yang harus diperhitungkan dalam praktek
pendidikan agar tidak terjebak pada pendekatan usang yang
tidak lagi relevan lagi dengan kebutuhan masyarakat dan
perkembangan jaman.
Dalam mengantisipasi dan mempersiapkan generasi ‘Indonesia
Emas 2045” pendidik perlu berpikir ulang mencari pendekatan
pedagogis yang mampu membangun kapasitas dan karakter
generasi emas tersebut. Keberhasilan untuk mewujudkan
kapital insasi Indonesia emas yang kompeten, berakhlak, dan
mampu berkiprah pada jamannya dipertaruhkan pada sistem
pendidikan dan pendekatan pedagogi yang saat ini dilakukan.
Dunia pendidikan telah melalui beberapa paradigma
pendidikan, masing-masing dengan seperangkat perspektif
pedagogis dan pendekatan yang dianut sebagai norma.
Dewasa ini seiring dengan diterimanya sistem pendidikan
224