Page 240 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 240
6. Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan Terbuka
Dalam lingkup pedagogi terbuka, dipicu perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi yang masif, konsep
pendekatan personalized learning dikaji ulang dan
dicermati dalam kaitan dengan potensi ekosistem
pendidikan masa kini. Teknologi memungkinkan
dilakukannya pembelajaran dengan desain skenario
yang lebih fleksibel untuk mengakomodasi kondisi dan
membantu individu peserta didik dengan lebih baik.
Tidak mudah mencari padanan istilah personalized
learning dalam Bahasa Indonesia, esensinya adalah
sebagai pendekatan pendidikan yang mengupayakan
penyesuaian pembelajaran dengan kebutuhan, kondisi,
kemampuan yang dimiliki dan minat peserta didik. Dalam
proses pembelajaran tidak semua mahasiswa melalui
tahapan dan konten yang sama, lebih bersifat individual
dan adaptif terhadap kemajuan mahasiswa. Dosen/
pendidik lebih fokus pada memberikan bantuan belajar
secara individual. Pemanfaatan teknologi informasi dan
komunikasi memungkinkan terjadinya bantuan lebih
bagi setiap peserta didik. Denagn menggunakan flipping
classroom (gabungan pembelajaran dalam jaringan dan
tatap muka) misalnya, pendidik dapat memindahkan
penyajian materi kuliah ke dalam media, misalnya video
atau audio dalam bentuk podcast, untuk dipelajari secara
mandiri. Dengan demikian pendidik mempunyai waktu
lebih banyak untuk memberi perhatian dan bantuan
kepada individu mahasiswa dalam pertemuan tatap
muka. Sedangkan dalam sesi online, ketika mahasiswa
mengerjakan penugasan mandiri, pendidik dapat saja
memonitor hasil kerja mahasiswa secara individual dan
memberi masukan atau bantuan lain yang diperlukan.
237