Page 240 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 240

6. Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan Terbuka


                   Dalam lingkup pedagogi terbuka, dipicu  perkembangan
                   teknologi  informasi  dan  komunikasi  yang  masif,  konsep
                   pendekatan  personalized  learning  dikaji  ulang  dan
                   dicermati  dalam  kaitan  dengan  potensi  ekosistem
                   pendidikan  masa  kini.    Teknologi  memungkinkan
                   dilakukannya  pembelajaran  dengan  desain  skenario
                   yang  lebih  fleksibel  untuk  mengakomodasi  kondisi  dan
                   membantu  individu  peserta  didik  dengan  lebih  baik.
                   Tidak  mudah  mencari  padanan  istilah  personalized
                   learning  dalam  Bahasa  Indonesia,  esensinya  adalah
                   sebagai  pendekatan  pendidikan  yang  mengupayakan
                   penyesuaian  pembelajaran  dengan  kebutuhan,  kondisi,
                   kemampuan yang dimiliki dan minat peserta didik. Dalam
                   proses  pembelajaran  tidak  semua  mahasiswa  melalui
                   tahapan dan konten yang sama, lebih bersifat individual
                   dan  adaptif  terhadap  kemajuan  mahasiswa.  Dosen/
                   pendidik  lebih  fokus  pada  memberikan  bantuan  belajar
                   secara  individual.  Pemanfaatan  teknologi  informasi  dan
                   komunikasi  memungkinkan  terjadinya  bantuan  lebih
                   bagi setiap peserta didik.  Denagn menggunakan flipping
                   classroom  (gabungan  pembelajaran  dalam  jaringan  dan
                   tatap  muka)  misalnya,    pendidik  dapat  memindahkan
                   penyajian materi kuliah ke dalam media, misalnya video
                   atau audio dalam bentuk podcast, untuk dipelajari secara
                   mandiri.  Dengan  demikian  pendidik  mempunyai  waktu
                   lebih  banyak  untuk  memberi  perhatian  dan  bantuan
                   kepada  individu  mahasiswa  dalam  pertemuan  tatap
                   muka.  Sedangkan  dalam  sesi  online,  ketika  mahasiswa
                   mengerjakan  penugasan  mandiri,  pendidik  dapat  saja
                   memonitor  hasil  kerja  mahasiswa  secara  individual  dan
                   memberi masukan atau bantuan lain yang diperlukan.










                                          237
   235   236   237   238   239   240   241   242   243   244   245