Page 252 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 252
6. Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan Terbuka
identifikasi, define atau merumuskan, ideasi (ideate) yang
berarti memunculkan, melahirkan gagasan atau ide, membuat
prototipa, menguji, dan diseminasi atau menyebarkan gagasan
tersebut. Hasil yang diharapkan dari kurikulum terbuka
adalah lulusan yang memiliki wawasan umum yang memadai
mencakup pengetahuan tentang sain, budaya dan masyarakat,
di samping pemahaman mendalam tentang suatu bidang ilmu
yang spesifik.
Manfaat kurikulum terbuka yang lain adalah memberi
kontribusi pada pengembangan kemandirian, kreativitas dan
keterbukaan dalam berpikir dalam diri mahasiswa, membuat
mereka lebih aktif dan bertanggungjawab untuk mengarahkan
diri mencapai tujuan belajar. Di samping itu mereka akan
menyadari bahwa pengetahuan dan kemampuan yang
dipelajari merupakan investasi pribadi yang mempengaruhi
jalan hidup. Kurikulum terbuka diharapkan dapat membentuk
pribadi yang mampu mengelola kompleksitas hidup dan
perubahan yang terjadi, memiliki tanggungjawab sosial dan
mampu menggunakan pengetahuan untuk memecahkan
masalah (Ritchie, 2018). Perlu dipahami bahwa esensi
pembelajaran bukanlah pada transmisi pengetahuan tetapi
lebih pada proses pengembangan pribadi. Dengan demikian
kemampuan dan kesadaran yang dihasilkan berdampak
positif pada mahasiswa untuk menjadi life-long learners yang
memiliki kelincahan intelektual (intelectual agility). Kurikulum
dapat dinarasikan sebagai suatu journey (perjalanan) hidup
yang akan dilalui mahasiswa sebagai bagian perjalanan hidup
menuju kedewasaan dan keutuhan.
249