Page 254 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 254

6. Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan Terbuka


               menerapkan open curriculum untuk menjelaskan kemampuan
               dan  ‘nilai’  dirinya  kepada  pemberi  kerja,  bagaimana  dapat
               meyakinkan  pewawancara  pemberi  kerja  bahwa  dirinya
               mempunyai kemampuan yang dicari perusahaan.

               PROSPEK KURIKULUM TERBUKA DI INDONESIA
               DAN UNIVERSITAS TERBUKA
               Menarik  untuk  dikaji  apakah  kurikulum  terbuka  akan  dapat
               diterapkan dalam sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Pada
               saat  ini  pendidikan  tinggi  di  Indonesia  sebenarnya  berada
               pada  titik  awal  kurikulum  terbuka  melalui  sistem  Kampus
               Terbuka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan
               Kebudayaan.  Terjadi  pergeseran  tata  pikir  tentang  struktur
               kompetensi  lulusan  dengan  memberi  peluang  kepada
               mahasiswa  untuk  mengambil  matakuliah  dari  perguruan
               tinggi  lain  (maksimal  setara  40  sks),  dan  matakuliah  dari
               program  studi  yang  berbeda  (setara  20  sks).  Sistem  ini
               mempunyai  tujuan  membangun  kondisi  belajar  yang  lebih
               fleksibel  bagi  mahasiswa  untuk  dapat  mengalami  ‘budaya
               kampus’  yang  berbeda  ketika  mengambil  perkuliahan  di
               perguruan tinggi lain. Demikian pula melalui peluang untuk
               mengambil  matakuliah  di  luar  program  studi  yang  diambil,
               mahasiswa diharapkan akan terasah perspektif multi dan inter
               disiplinnya sehingga dapat memahami cara pandang dan cara
               berpikir beragam bidang keilmuan. Hal ini pasti bermanfaat
               bagi pengembangan diri mahasiswa. Oleh sebab itu mungkin
               dapat disimpulkan bahwa sebenarnya Kampus Merdeka telah
               menginisiasi kurikulum terbuka di Indonesia. Tidak terbatas
               pada  matakuliah,  Kampus  Merdeka  juga  ‘membuka’  bentuk
               dan jenis pengalaman belajar yang lain dari ‘sekedar’ kuliah,
               misalnya dalam bentuk praktek kerja, pertukaran mahasiswa,
               proyek desa, dan wirausaha.









                                          251
   249   250   251   252   253   254   255   256   257   258   259