Page 254 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 254
6. Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan Terbuka
menerapkan open curriculum untuk menjelaskan kemampuan
dan ‘nilai’ dirinya kepada pemberi kerja, bagaimana dapat
meyakinkan pewawancara pemberi kerja bahwa dirinya
mempunyai kemampuan yang dicari perusahaan.
PROSPEK KURIKULUM TERBUKA DI INDONESIA
DAN UNIVERSITAS TERBUKA
Menarik untuk dikaji apakah kurikulum terbuka akan dapat
diterapkan dalam sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Pada
saat ini pendidikan tinggi di Indonesia sebenarnya berada
pada titik awal kurikulum terbuka melalui sistem Kampus
Terbuka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Terjadi pergeseran tata pikir tentang struktur
kompetensi lulusan dengan memberi peluang kepada
mahasiswa untuk mengambil matakuliah dari perguruan
tinggi lain (maksimal setara 40 sks), dan matakuliah dari
program studi yang berbeda (setara 20 sks). Sistem ini
mempunyai tujuan membangun kondisi belajar yang lebih
fleksibel bagi mahasiswa untuk dapat mengalami ‘budaya
kampus’ yang berbeda ketika mengambil perkuliahan di
perguruan tinggi lain. Demikian pula melalui peluang untuk
mengambil matakuliah di luar program studi yang diambil,
mahasiswa diharapkan akan terasah perspektif multi dan inter
disiplinnya sehingga dapat memahami cara pandang dan cara
berpikir beragam bidang keilmuan. Hal ini pasti bermanfaat
bagi pengembangan diri mahasiswa. Oleh sebab itu mungkin
dapat disimpulkan bahwa sebenarnya Kampus Merdeka telah
menginisiasi kurikulum terbuka di Indonesia. Tidak terbatas
pada matakuliah, Kampus Merdeka juga ‘membuka’ bentuk
dan jenis pengalaman belajar yang lain dari ‘sekedar’ kuliah,
misalnya dalam bentuk praktek kerja, pertukaran mahasiswa,
proyek desa, dan wirausaha.
251