Page 21 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 21
1. Pendidikan Terbuka dan Modal Insani Indonesia
langsung dimanfaatkan industri dan masyarakat. Etkowitz
et. Al (2007) melalui artikelnya berjudul “The Triple Helix
Model of Innovation and Action” menegaskan “university
is not only critical to the commercial transformation
of knowledge, but also to create space for knowledge,
assembling and innovation”.
Triple helix merupakan sinergi tiga kekuatan yaitu
pemerintah, industri dan perguruan tinggi (akademisi).
Kolaborasi tiga aktor diharapkan dapat tercipta sinergi yang
menguntungkan dan seimbang dan masing-masing dapat
memainkan perannya secara optimal untuk mewujudkan
industri yang maju (Leydesdorff, 2012)
TANTANGAN UNTUK MENYIAPKAN MODAL
INSANI 2045
A. Membangun Generasi Muda Berkualitas
Jumlah penduduk Indonesia yang saat ini mencapai 267
juta memerlukan pengelolaan modal insani yang tepat.
Untuk mampu berdiri sejajar dengan negara-negara
yang mampu mengelola modal insani seperti China dan
India, Indonesia dihadapkan pada tantangan untuk dapat
membangun generasi muda berkualitas (Milenial dan Neo
Milenial). Generasi muda ini harus dapat menjadi engine
of growth yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi
utamanya di masa keemasan bonus demografi yang
puncaknya terjadi pada tahun 2030. Pada era keemasan
ini jumlah penduduk usia produktif mencapai angka lebih
dari 2 kali lipat usia tidak produktif. Pada puncak bonus
demogafi, penduduk usia 15 - 25 tahun akan berusia 35-
45 tahun, dan merekalah yang akan mengendalikan negeri
ini. Generasi muda merupakan perwajahan modal insani
Indonesia yang harus dipersiapkan sebaik mungkin agar
pada saat tiba waktunya mereka dapat menjadi manusia
11