Page 23 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 23
1. Pendidikan Terbuka dan Modal Insani Indonesia
metodologi: pemecahan masalah, kreatifitas, berpikir
kritis, berorientasi kewirausahaan, (c) kompetensi sosial:
bahasa, kepemimpinan, membangun jejaring, dan (d)
kompetensi personal: motivasi, fleksibilitas, kemampuan
bekerja dibawah tekanan.
Harus ada terobosan untuk me-redisign future ready
curricula yaitu kurikulum yang mengakomodasi permintaan
skill di pasar - global citisenship skill. Kementerian Ristek
dan Dikti (2018) dalam “Mempersiapkan Indonesia di Era
4.0” mewajibkan beberapa poin penting untuk dimasukkan
dalam kurikulum baru PT yaitu co-extra curriculer;
cognitive skills (critical thinking dan entrepreneurship);
lifelong learning dan new literacies (data, technologi dan
human). Tantangan dunia pendidikan adalah menciptakan
lingkungan kondusif bagi peserta didik, akademisi
dan praktisi untuk mendobrak halangan, berinovasi,
menciptakan, dan berkolaborasi (Ahmad & Noor, 2019).
Figure 2: Visualized competence model
Gambar 1. Four Competency in the Era 4.0
Sumber: Hecklau et al, 2016, P.5. Holistic Approach for Human resource
Management in Industry 4.0. Procedia. Science Direct.
13