Page 26 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 26
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
memiliki pola berpikir tertata, mampu membangun
jejaring, mampu beradaptasi secara fleksibel, penuh rasa
ingin tahu, dan menjadi sumber belajar (Haydar & Alsal,
2012). Menurut Aminuddin et. al (2019) empowering
lifelong learning melalui open and distance education
berperan penting mengakomodasi kebutuhan learners
dengan memberikan kesempatan kepada working
students beyond the traditional college age population.
Ada beberapa tools lifelong learning yang akan menjadi
tren kedepan dan semakin banyak diminati masyarakat
yaitu MOOCs (Massive Open Online Courses), OER (Open
Education Resources), OEP (Open Education Practice) dan
online learning.
PENUTUP
Kemajuan Indonesia di masa depan, tidak terlepas dari
urgensi nasional mempersiapkan generasi muda hebat guna
memenuhi tahun-tahun emas bonus demografi. Mengelola
modal insani secara tepat merupakan window opportunity
untuk meningkatkan IPM yang saat ini di urutan 111 dari 189
negara dan indeks daya saing global yang saat ini di posisi 85
(nomor 2 terendah di ASEAN). Pembangunan SDM terutama
di sektor pendidikan berperan penting untuk melakukan
akselerasi menciptakan generasi muda berkualitas. Generasi
masa depan yang didominasi generasi muda produktif harus
dapat menjadi engine of growth yang jika dikelola dengan baik
dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih
pesat lagi.
16