Page 25 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 25

1. Pendidikan Terbuka dan Modal Insani Indonesia


                   ekonomi)  (Belawati,  2002).  Pendidikan  terbuka  dapat
                   menjadi model pendidikan yang mampu mengakomodasi
                   kebutuhan  pengembangan  kompetensi,  pengetahuan
                   dan  skill  bagi  generasi  muda  sekaligus  menjadi  solusi
                   untuk meningkatkan APK. Keterbukaan sistem pendidikan
                   dalam  memberikan  akses  dan  kualitas  harus  didukung
                   oleh  teknologi  sehingga  dapat  memberikan  kemudahan
                   akses (interaksi) bagi generasi muda untuk meningkatkan
                   knowledge dan pengembangan profesionalitas (upgrade
                   kualifikasi dan kompetensi).


                   Dukungan  teknologi  (pemanfaatan  TIK)  akan  semakin
                   mengokohkan  keberadaan  pendidikan  terbuka  untuk
                   menghasilkan   SDM    kompetitif   yang   output-nya
                   mampu  menguasai  literasi  baru  yaitu:  (1)  literasi  data,
                   yaitu  kemampuan  membaca  dan  menganalisis  serta
                   memanfaatkan  informasi  big  data  dalam  dunia  digital;
                   (2)  literasi  teknologi,  yaitu  memahami  cara  kerja  mesin
                   dan  aplikasi  teknologi  (coding,  artificial  intellegence
                   dan  engineering  principles;  dan  (3)  literasi  manusia,
                   humanities, komunikasi dan desain. The World Economic
                   Forum  (2017)  dalam  tulisan  “realizing  human  potential
                   in  the  Fourth  Industrial  Revolution-Shape  the  Future
                   of  Education,  menyatakan  ada  beberapa  area  yang
                   harus  menjadi  pertimbangan  dalam  pengembangan
                   sumber  daya  insani  (transforming  education  ecosystem)
                   diantaranya yaitu keterbukaan terhadap pendidikan dan
                   inovasi serta  lifelong learning.

                   Pendidikan  Terbuka  dapat  mengakomodasi  kebutuhan
                   menjadi  lifelong  learner.  Generasi  muda  Indonesia
                   harus  menjadi  pembelajar  aktif  (formal.  Informal  dan
                   nonformal). Generasi muda yang mampu menjadi lifelong
                   learner  sejati  akan  menjadi  manusia  berkualitas  yang





                                           15
   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30