Page 25 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 25
1. Pendidikan Terbuka dan Modal Insani Indonesia
ekonomi) (Belawati, 2002). Pendidikan terbuka dapat
menjadi model pendidikan yang mampu mengakomodasi
kebutuhan pengembangan kompetensi, pengetahuan
dan skill bagi generasi muda sekaligus menjadi solusi
untuk meningkatkan APK. Keterbukaan sistem pendidikan
dalam memberikan akses dan kualitas harus didukung
oleh teknologi sehingga dapat memberikan kemudahan
akses (interaksi) bagi generasi muda untuk meningkatkan
knowledge dan pengembangan profesionalitas (upgrade
kualifikasi dan kompetensi).
Dukungan teknologi (pemanfaatan TIK) akan semakin
mengokohkan keberadaan pendidikan terbuka untuk
menghasilkan SDM kompetitif yang output-nya
mampu menguasai literasi baru yaitu: (1) literasi data,
yaitu kemampuan membaca dan menganalisis serta
memanfaatkan informasi big data dalam dunia digital;
(2) literasi teknologi, yaitu memahami cara kerja mesin
dan aplikasi teknologi (coding, artificial intellegence
dan engineering principles; dan (3) literasi manusia,
humanities, komunikasi dan desain. The World Economic
Forum (2017) dalam tulisan “realizing human potential
in the Fourth Industrial Revolution-Shape the Future
of Education, menyatakan ada beberapa area yang
harus menjadi pertimbangan dalam pengembangan
sumber daya insani (transforming education ecosystem)
diantaranya yaitu keterbukaan terhadap pendidikan dan
inovasi serta lifelong learning.
Pendidikan Terbuka dapat mengakomodasi kebutuhan
menjadi lifelong learner. Generasi muda Indonesia
harus menjadi pembelajar aktif (formal. Informal dan
nonformal). Generasi muda yang mampu menjadi lifelong
learner sejati akan menjadi manusia berkualitas yang
15