Page 22 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 22
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
hebat yang mampu membawa Indonesia mencapai
kejayaannya. Untuk itu harus ada urgensi nasional
mempersiapkan generasi muda hebat guna memenuhi
tahun-tahun emas bonus demografi.
Peningkatan kualitas generasi muda dimasa depan, harus
seiring dan sejalan dengan capaian target APK pemerintah
di tahun 2045 menjadi 60% - 70%. Peningkatan APK ini
tidak hanya secara statistik saja, tetapi lebih jauh dari
itu mampu melahirkan generasi muda yang memiliki
kompetensi dan mumpuni yang siap berpartisipasi mengisi
pembangunan bangsa. Dengan semakin meningkatnya
generasi muda untuk mengenyam pendidikan tinggi, akan
memberikan kesempatan kepada mereka mempersiapkan
diri menghadapi berbagai perubahan yang sangat
cepat terutama perubahan TI. Era revolusi industri yang
secara kasat mata harus dihadapi, pasti membutuhkan
kompetensi-kompetensi yang sangat kompleks.
Bonus demografi adalah kesempatan yang terjadi sekali
dalam sejarah sebuah bangsa, sehingga perlu disongsong
dengan membangun sebuah model pendidikan yang
dapat mengubah generasi muda menjadi generasi
pencipta yang mampu menghasilkan inovasi yang
berdampak positif terhadap kemajuan dunia industri/
usaha dan masyarakat. Beberapa ahli (Ahmad et al,
2019, Bayraktar & Atac, 2018; Hecklau et al., 2016)
menegaskan diperlukannya pendekatan holistik untuk
mengelola SDM di era revolusi industri 4.0, khususnya
untuk menghadapi berbagai tantangan seperti ekonomi,
sosial, teknik, lingkungan dan politik/hukum (Gambar 1).
Untuk menghadapi tantangan tersebut diperlukan empat
kompetensi inti yaitu: (a) kompetensi teknis: pemahaman
terhadap information technology (IT), (b) kompetensi
12