Page 19 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 19

1. Pendidikan Terbuka dan Modal Insani Indonesia


                   meningkatkan  sarana  dan  prasarana,  meningkatkan
                   pendanaan, serta meningkatkan koordinasi.


               C.  Ketidaksiapan Menghadapi Revolusi Industri 4.0
                   Kesiapan  PT  menghadapi  Revolusi  Industri  4.0  masih
                   beragam.  Belum  semua  PT  dapat  mengakomodasinya
                   melalui perubahan kurikulum yang menjadi penciri kultur
                   akademik PT abad 21. Perubahan kurikulum merupakan
                   fase  yang  tidak  dapat  diabaikan  dengan  munculnya
                   gelombang  Revolusi  Industri  4.0  (big  data,  internet  of
                   things,  cloud,  3d  printing  dan  augmented  reality) dan
                   sekarang  sudah  mulai  memasuki  society  5.0 (artificial
                   intelligence).  Situasi  ini  belum  mampu  ditangkap  oleh
                   masyarakat kampus sebagai peluang untuk meningkatkan
                   layanan  akademiknya.  Hal  ini  menjadikan  APK  PT  tak
                   pernah naik secara significan karena belum semua PT siap
                   untuk  melaksanakan  disruptive  curriculum  yang  inovatif
                   dan menantang sesuai dengan tantangan zaman.


                   Seiring  dengan     berbagai   perubahan-perubahan
                   yang  dipicu  teknologi  bersifat  eksponensial  karena
                   kecepatannya  merubah  tantanan  konvensional  yang
                   selama  ini  dibangun,  memunculkan  pertanyaan  yaitu
                   Apakah  kita  siap  menghadapinya?.  Kunci  jawabannya
                   adalah  harus  ada  upaya  keras  untuk  mengembangkan
                   SDM  yang  menguasai  literasi  baru  (teknologi,  data  dan
                   humanities) baik dari segi kualitas, kuantitas dan distribusi
                   SDM berkualitas. Informasi dari skill outlook (The World
                   Economic  Forum,  2015  sd  2020)  menunjukkan  ada
                   beberapa skill penting yang harus dimiliki oleh seseorang
                   yaitu complex problem solving, critical thinking, creativity,
                   active  leaning  dan  learning  strategy,  leadership,  system
                   analysis  serta  evaluasi.  Menurut  Brodjonegoro  (2020)
                   skill SDM yang diperlukan industri di masa depan adalah





                                           9
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24