Page 19 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 19
1. Pendidikan Terbuka dan Modal Insani Indonesia
meningkatkan sarana dan prasarana, meningkatkan
pendanaan, serta meningkatkan koordinasi.
C. Ketidaksiapan Menghadapi Revolusi Industri 4.0
Kesiapan PT menghadapi Revolusi Industri 4.0 masih
beragam. Belum semua PT dapat mengakomodasinya
melalui perubahan kurikulum yang menjadi penciri kultur
akademik PT abad 21. Perubahan kurikulum merupakan
fase yang tidak dapat diabaikan dengan munculnya
gelombang Revolusi Industri 4.0 (big data, internet of
things, cloud, 3d printing dan augmented reality) dan
sekarang sudah mulai memasuki society 5.0 (artificial
intelligence). Situasi ini belum mampu ditangkap oleh
masyarakat kampus sebagai peluang untuk meningkatkan
layanan akademiknya. Hal ini menjadikan APK PT tak
pernah naik secara significan karena belum semua PT siap
untuk melaksanakan disruptive curriculum yang inovatif
dan menantang sesuai dengan tantangan zaman.
Seiring dengan berbagai perubahan-perubahan
yang dipicu teknologi bersifat eksponensial karena
kecepatannya merubah tantanan konvensional yang
selama ini dibangun, memunculkan pertanyaan yaitu
Apakah kita siap menghadapinya?. Kunci jawabannya
adalah harus ada upaya keras untuk mengembangkan
SDM yang menguasai literasi baru (teknologi, data dan
humanities) baik dari segi kualitas, kuantitas dan distribusi
SDM berkualitas. Informasi dari skill outlook (The World
Economic Forum, 2015 sd 2020) menunjukkan ada
beberapa skill penting yang harus dimiliki oleh seseorang
yaitu complex problem solving, critical thinking, creativity,
active leaning dan learning strategy, leadership, system
analysis serta evaluasi. Menurut Brodjonegoro (2020)
skill SDM yang diperlukan industri di masa depan adalah
9