Page 137 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 137
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
secara identik, ada kegiatan praktikum dan eksperimen
yang bisa diganti dengan praktikum dan eksperimen
melalui aplikasi virtual. Oleh karena itu lembaga
penyelenggara pendidikan terbuka dan jarak jauh dapat
membuat aplikasi laboratorium virtual ini. Sebagai ganti
bengkel kerja penyelenggara pendidikan terbuka dan jarak
jauh bisa mengganti dengan aplikasi simulator.
5. Kendala dan Keterbasanan Biaya Pendidikan
Meskipun konstitusi telah menetapkan bahwa negara
harus mengalokasikan sekurang-kurangnya 20% APBN
untuk pendidikan tapi tetap saja anggaran pendidikan
tidak pernah mencukupi untuk memenuhi kebutuhan
pendidikan. Ketidakcukupan ini makin besar jika
penyelenggaraan pendidikan menggunakan model
konvensional karena untuk memenuhi kebutuhan
sebagaimana dijelaskan pada angka 1 sampai 4 di atas
memerlukan biaya yang sangat besar. Sebaliknya dengan
dana pendidikan yang tersedia pemerintah dapat
memperluas dan meningkatkan angka partisipasi sekolah
jika menggunakan model pembelajaran terbuka dan
jarak jauh. Sebagaimana dijelaskan pada angka 1 sampai
dengan 4 di atas bahwa kendala dan keterbatasan yang
dimiliki pemerintah bisa diatasi dengan menggunakan
model pendidikan terbuka dan jarak jauh.
IMPLEMENTGASI MODEL PENDIDIKAN TERBUKA JARAK
JAUH UNTUK MEMPERCEPAT TERWUJUDNYA BANGSA
YANG CERDAS
UUD NRI 1945 sudah dengan jelas memberi mandat kepada
Negara untuk melindungi segenap bangsa dan tumpah
darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, dan
mencerdaskan kehidupan bangsa dan berakhir dengan
terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
130